Bulan: Januari 2023

Daftar 6 Fakultas di Universitas Terbuka (UT)

Universitas Terbuka (UT) – Fakultas yang ada di Universitas Terbuka sebenarnya tak jauh beda dengan yang ada di universitas-universitas yang lain. Tapi pernah nggak, Sobat mantap mempertimbangkan kuliah di Universitas Terbuka? Rasa-rasanya, Universitas Terbuka hampir enggak pernah masuk hitungan saat kita sedang sibuk mengikuti seleksi masuk kuliah. slot gacor gampang menang

Nah, sebenarnya Universitas Terbuka itu ada di mana, sih? Apakah Universitas Terbuka negeri atau swasta? Terus, apa saja jurusan di Universitas Terbuka?

1. FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) adalah salah satu fakultas pada Universitas Terbuka (UT) yang menyediakan layanan pendidikan bagi para mahasiswa yang telah bekerja sebagai guru (in-service training) atau tenaga pendidik lainnya. Penyelenggaraan pendidikan dilakukan dengan sistem belajar jarak jauh (SBJJ). Seluruh program yang ditawarkan oleh FKIP-UT telah memperoleh izin resmi dari Dirjen Dikti.

Baca Juga: 10 Kampus Terbaik yang Menyediakan Kuliah Online 2023

2. FE (Fakultas Ekonomi)

Fakultas Ekonomi (FE) memiliki tujuan Menghasilkan sumberdaya manusia yang ahli dan profesional dalam bidang ekonomi dan/atau ahli dalam pengambilan keputusan manajerial berdasarkan pertimbangan terintegrasi bidang fungsional pemasaran, keuangan, operasi, dan sumber daya manusia dan/atau ahli dalam bidang keuangan serta masalah-masalahnya dalam entitas bisnis dan organisasi publik.

3. FST (Fakultas Sains dan Teknologi)

Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Terbuka (FST-UT) telah ada sejak UT didirikan, yaitu pada tahun 1984. Pada saat itu bernama Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA-UT) menawarkan Program Studi jenjang Strata 1 (S1) Statistika dan Matematika. Dalam perkembangannya, sesuai dengan kebutuhan masyarakat, saat ini FST-UT menawarkan 6 (enam) Program Studi berjenjang S1, yaitu Statistika, Matematika, Biologi, Ilmu Dan Tekonologi Pangan, Agribisnis dan PWKL (Perencanaan Wilayah Dan Kota Bidang Minat Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan).

4. FHISIP (Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik)

Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik (FHISIP) bertekad menjadi salah satu fakultas unggulan dalam bidang ilmu sosial dan ilmu politik khususnya dalam penyelenggaraan slot mahjong pendidikan tinggi jarak jauh (PTJJ) di Asia tahun 2010 dan di dunia tahun 2020.

5. PPs (Program Pascasarjana)

Program Pascasarjana merupakan salah satu realisasi misi Universitas Terbuka untuk menyediakan akses pendidikan tinggi bagi warganegara Indonesia pada jenjang S2. Program Magister mulai ditawarkan pada tahun 2004.

6. Program Sertifikat

Selain program yang terdapat pada Fakultas, Universitas Terbuka juga menawarkan program sertifikat yang diantaranya yaitu;
  • Massive Open Online Courses (MOOCS)
  • Program Pendidikan Berkelanjutan (PPB)
  • Program Mata Kuliah Mandiri (PMKM)

10 Kampus Terbaik yang Menyediakan Kuliah Online 2023

10 Kampus Terbaik yang Menyediakan Kuliah Online 2023 – Halo sobat bintang! Kalian sudah tau kan apa itu kuliah online? Kuliah online atau kuliah daring merupakan proses perkuliahan yang memanfaatkan akses internet untuk media pembelajarannya. Media pembelajaran tersebut dapat berupa modul kuliah, rekaman video, audio atau tulisan.

10 Kampus yang Menyediakan Kuliah Online versi Bintang Sekolah Indonesia 2023

1. Universitas Mercu Buana (UMB)

Kampus ini menyediakan layanan kuliah online untuk memudahkan para karyawan yang hanya bisa kuliah di akhir pekan. Di kampus ini mahasiswa bisa memilih sendiri mata kuliah yang akan diambil dan waktu kuliah yang diinginkan.

Untuk informasi lebih lanjut sobat bintang bisa mengunjungi laman : https://kk.mercubuana.ac.id/

2. Universitas Terbuka (UT)

Seperti namanya, Universitas Terbuka ini terkenal dengan sistem pembelajarannya yang dilakuakan secara jarak jauh dan terbuka. UT ini juga dikenal sebagai salah satu perguruan tinggi yang menyediakan kuliah daring dengan biaya murah.

Untuk informasi lebih lanjut sobat bintang bisa mengunjungi laman: https://www.ut.ac.id/

3. Universitas Bina Nusantara (Binus)

Beda halnya dengan UMB dan UT, dari sebagian orang binus ini dikenal dengan kampus yang cukup mahal. Tetapi sobat bintang jangan salah, Binus juga menyediakan program kuliah online yang murah dan terjangkau untuk sobat bintang. Program kuliah online ini diberi nama Binus Online Learning.

Untuk informasi lebih lanjut sobat bintang bisa mengunjungi laman: https://onlinelearning.binus.ac.id/

4. Universitas Al Azhar Indonesia (UAI)

Kampus berikutnya yaitu Universitas Al-azhar. Kampus ini cocok untuk sobat bintang yang ingin sekalian menambah ilmu tentang keagamaan. Kurikulum kampus ini memadukan agama dengan kurikulum umum. Untuk Kuliah online, sobat bintang hanya bisa mengambil dua jurusan saja yaitu S1 akuntansi dan S1 manajemen.

Untuk informasi lebih lanjut sobat bintang bisa mengunjungi laman berikut: https://uai.ac.id/

5. Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI)

Kampus selanjutnya yaitu Universitas Bina Sarana Informatika atau lebih dikenal dengan Universitas BSI. Selain terkenal dengan kampus berbasis teknologi, Universitas BSI juga menyedikan kuliah online dimana Universitas ini memiliki 4 Fakultas dan 21 Program Studi. slot server kamboja

Baca Juga: Rekomendasi 7 Sekolah Penerbangan Terbaik di Indonesia

Fakultas Teknik Informatika menjadi fakutas terfavorit dan paling banyak mahasiswanya di kampus ini. Selain itu UBSI pernah mendapatkan penghargaan kampus yang paling banyak meluluskan mahasiswanya.

Untuk informasi lebih lanjut sobat bintang bisa mengunjungi laman berikut: http://www.bsi.ac.id/

6. Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB)

Kampus berkutnya adalah Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB). ITHB yang berlokasi di Bandung ini membuka program jurusan S1 Sistem Informasi dan S1 Manajemen. Untuk kuliah online, ITHB hanya membuka jurusan S1 Sistem Informasi dengan konsentrasi Data Science.

Untuk informasi lebih lanjut sobat bintang bisa mengunjungi laman berikut: https://ithb.ac.id

7. Universitas MH. Thamrin (UMHT)

UMHT yang terkenal dengan program studi yang berkaitan dengan dunia kesehatan ini, juga menyediakan kuliah online. UMHT membuka kuliah online pada program S1 Sistem Informasi, S1 Manajemen, S1 Akuntansi, dan S1 Teknik Informatika.

Untuk informasi lebih lanjut sobat bintang bisa mengunjungi laman berikut: http://www.thamrin.ac.id/

8. Universitas Nusa Mandiri

Kampus berikutnya yaitu Universitas Nusa Mandiri. Kampus ini memiliki 3 Program Studi yakni S1 Sistem Informasi, S1 Teknik Informatika dan program pascasarjana S2 Megister Ilmu Komputer. Untuk Program Pascasarjana memiliki tiga konsentrasi yakni Image ProcessingSoftware Engineering dan Data Mining.

Untuk informasi lebih lanjut sobat bintang bisa mengunjungi laman berikut: https://www.nusamandiri.ac.id/

9. Universitas Islam As-Syafi’iyah (UIA)

Sama halnya dengan Universitas Al Azhar Indonesia, UIA ini juga merupakan kampus islam menyediakan kuliah online. Jurusan yang disediakan untuk kuliah online di UIA ini yakni S1 Hukum dan S1 Manajemen.

Untuk informasi lebih lanjut sobat bintang bisa mengunjungi laman berikut: https://uia.ac.id/

10. Universtas Pembangunan Jaya (UPJ)

Kampus yang berlokasi di Kota Tangerang Selatan ini menyediakan kuliah online untuk Jurusan S1 Manajemen, S1 Informatika, S1 Akuntansi, dan S1 Sistem Informasi.

Untuk informasi lebih lanjut sobat bintang bisa mengunjungi laman berikut: https://www.upj.ac.id/

Nah sobat bintang! Itulah 10 kampus yang menyediakan kuliah online versi bintang sekolah Indonesia. Semoga bermanfaat, khususnya untuk sobat bintang yang ingin melanjutkan pendidikan. Tetap semangat untuk terus menimba ilmu ya sobat bintang.

8 Universitas Swasta Terbaik di Jakarta Timur

8 Universitas Swasta Terbaik di Jakarta Timur – Kuliah di Ibu Kota menjadi impian banyak calon mahasiswa. Di Ibu Kota banyak perguruan tinggi dengan kualitas pendidikan yang bagus, termasuk universitas swasta terbaik di Jakarta Timur. Bagi kamu yang tinggal di Jakarta Timur dan ingin memilih kampus yang dekat ataupun dari luar kota, rekomendasi universitas swasta ini bisa kamu pertimbangkan.

Kamu akan merasakan beberapa kelebihan ketika kuliah di Jakarta Timur. Selain Pulo Gadung, wilayah Jakarta Timur itu banyak tempat yang asri dan penduduknya tidak sepadat wilayah Jakarta lainnya. Fasilitas publik di Jakarta Timur juga lebih baik, mulai dari fasilitas transportasi, pendidikan dan kesehatan.

Pilihan 8 Universitas Swasta yang Ada di Jakarta Timur

Saat ini, kualitas universitas swasta tidak kalah dari universitas negeri. Kalau kamu sedang mencari rekomendasi 8 universitas swasta di Jakarta Timur, berikut ini pilihannya.

1. Universitas Bina Sarana Informatika (BSI)

BSI sudah mempunyai enam akademi dan 25 kampus di berbagai daerah di Indonesia. Universitas BSI yang terletak depo 25 bonus 25 di Jakarta Timur adalah kampus Dewi Sartika. Universitas BSI sendiri sudah mendapat akreditasi B dari BAN-PT.

Fakultas di BSI yaitu Fakultas Komunikasi dan Bahasa, Fakultas Teknik dan Informatika, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Dari ketiga fakultas tersebut tersedia 19 program studi.

2. Universitas Nusa Mandiri

Yayasan Indonesia Mandiri memulai misi mulianya di bidang pendidikan pada tahun 2001 melalui berdirinya Universitas Nusa Mandiri. Program studi di Universitas Nusa Mandiri yaitu Perhotelan (D3), Manajemen, Bisnis Digital, Sistem Informatika, Teknik Informatika, dan Sains Data.

Universitas Nusa Mandiri yang terletak di Kecamatan Makasar, Jakarta Timur ini sudah terakreditasi B oleh BAN-PT.

Baca Juga: 7 Kampus Terbaik di Kalimantan Timur Lengkap dengan Akreditasi

3. Universitas Binawan

Universitas swasta yang satu ini tepatnya berada di Kramat Jati. Universitas Binawan mempunyai tiga fakultas dengan empat belas program studi.

Universitas Binawan bertujuan untuk menciptakan peluang dan keuntungan bagi lulusan yang siap berkarir di level global dengan membuka kesempatan belajar dan bekerja seluas-luasnya di luar negeri.

4. Universitas Islam Jakarta

Universitas Islam Jakarta biasa disebut UID karena penamaan universitas ini saat pertama didirikan tahun 1951 adalah Universitas Islam Djakarta. Universitas Islam Jakarta terletak di Kecamatan Matraman, Jakarta Timur. UID dibina dan didirikan oleh Yayasan Wakaf Perguruan Tinggi Islam Jakarta.

Program studi di UID yaitu Hukum, Ekonomi Manajemen, Ekonomi Syariah, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Teknik, program studi Magister, dan program studi profesor. Universitas Islam Jakarta sudah mendapat akreditasi B dari BAN-PT.

5. Universitas Kristen Indonesia

Universitas Kristen Indonesia (UKI) didirikan pada tahun 1953 oleh Dewan Gereja di Indonesia (DGI). Awalnya hanya ada Fakultas Sastra&Filsafat dan Fakultas Ekonomi. Sekarang, Universitas Kristen Indonesia sudah mempunyai 8 fakultas untuk program sarjana dan Program Pascasarjana.

Fasilitas yang tersedia di UKI di antaranya berbagai laboratorium untuk setiap fakultasnya, sarana olahraga, dan perpustakaan. Universitas Kristen Indonesia sudah mempunyai akreditasi B dari BAN-PT.

6. Universitas Respati Indonesia

Universitas Respati Indonesia (Urindo) berada di Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Pada tahun 2025, Universitas Respati Indonesia mempunyai visi untuk menjadi universitas yang unggul dalam mengembangkan komunitas akademik dengan jiwa kewirausahaan dan diakui di level internasional.

Dalam upaya mewujudkan visinya, Urindo bergerak cepat untuk mencapai eksistensi di kancah internasional dengan cara salah satunya bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi di luar negeri. Beberapa universitas yang bekerja sama dengan Urindo yaitu Nagasaki University Japan dan Loughborough University.

7. Institut Bisnis Nusantara

Selain universitas swasta di Jakarta Timur, tersedia juga perguruan tinggi institut. Institut Bisnis Nusantara didirikan pada tahun 1991 dengan nama awal STIE Nusantara. Pada tahun 2008 berubahlah dari STIE menjadi Institut Bisnis Nusantara.

Di samping perkuliahannya, Institut Bisnis Nusantara menyediakan berbagai program pelatihan dan kursus, seperti pelatihan TOEFL, pajak, akuntansi komputer, dan pelatihan lainnya yang berkaitan dengan pengembangan sumber daya manusia.

8. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Swadaya

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Swadaya atau STIE Swadaya didirikan pada tahun 1969 dan sudah mendapatkan akreditasi B dari BAN-PT. STIE Swadaya bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang berkemampuan intelektual, profesional, berintegrasi, dan beretika mulia.

Konsisten dalam melakukan continuous quality improvement, STIE Swadaya bertujuan untuk mempersiapkan generasi bangsa dalam menghadapi tuntutan, tantangan, dan peluang kerja di era kompetisi perdagangan bebas. STIE Swadaya sudah mendapatkan akreditasi B dari BAN-PT.

Rekomendasi 7 Sekolah Penerbangan Terbaik di Indonesia

7 Sekolah Penerbangan Terbaik di Indonesia – Setelah lulus SMA banyak siswa yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pilihannya. Salah satu pendidikan yang diminati ialah sekolah penerbangan.
Biasanya mereka yang ingin menjadi pilot akan melanjutkan pendidikan di sekolah penerbangan. Siswa yang ingin masuk ke sekolah penerbangan setidaknya harus memenuhi beberapa kriteria.
Syarat paling umum antara lain berusia minimal 17 tahun, keadaan fisik sehat, mempunyai kemampuan berbahasa Inggris, dan lainnya.
Lebih lanjut, berikut Berita Bisnis jabarkan rekomendasi 7 sekolah penerbangan yang bisa kamu tempuh setelah lulus SMA.

Referensi 7 Sekolah Penerbangan

Berikut 7 sekolah penerbangan yang dapat kamu pilih dan jadikan referensi saat lulus SMA/SMK sederajat.

1. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI)

Rekomendasi sekolah penerbangan yang pertama ialah STPI. Itu merupakan sekolah kedinasan dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.
Sekolah yang berlokasi di Tangerang, Banten, ini menawarkan empat jurusan, yakni penerbangan, teknik penerbangan, keselamatan penerbangan, dan manajemen penerbangan.
Kamu perlu mengikuti serangkaian seleksi agar bisa menempuh pendidikan di STPI. Rangkaiannya meliputi Tes Potensi Akademik (TPA), psikotes, Tes kesehatan, Tes Kesempatan, dan Wawancara.

2. Politeknik Penerbangan Surabaya

Politeknik Penerbangan Surabaya juga merupakan sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.
Disadur dari laman web.poltekbangsby.ac.id, Politeknik Penerbangan Surabaya menawarkan beberapa program studi, mulai dari D3 Teknik Pesawat Udara, D3 Teknik Bangunan dan Landasan, hingga D3 Manajemen Transportasi Udara.

3. Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan

Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) merupakan sekolah penerbangan yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan.
Dikutip dari dephub.go.id, akademi ini tersedia di Surabaya, Makassar, dan Medan. Beberapa materi yang akan didapat antara lain seputar navigasi udara, teknik keselamatan dalam penerbangan, teknis bandara, teknik perawatan pesawat, dan sebagainya.

4. Bali International Flight Academy (BIFA)

Sekolah penerbangan selanjutnya, yaitu BIFA. Akademi yang terletak di Buleleng, Bali, ini sudah memperoleh sertifikasi resmi dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dan Internasional Civil Aviation Organization.
Dikutip dari www.baliflightacademy.com, ada tiga program studi yang ditawarkan, yaitu Pilot Private License (PPL), Commercial Pilot License (CPL), dan Instrument Rating (IR). Sementara itu, syarat untuk bersekolah di BIFA antara lain:
Berusia 18-33 tahun
Pendidikan minimum SMA jurusan IPA
Tinggi badan minimum 165 cm
Sehat jasmani
Nilai TOEIC 700

5. Ganesha Flight Academy

Ganesha Flight Academy merupakan sekolah penerbangan yang didirikan sejak 2012. Tempat latihan Ganesha Flight Academi berada di Tulung Wulung, Cilacap.
Terdapat empat program pelatihan yang bisa dipilih, yakni Private Pilot License (PPL) atau lisensi pilot pribadi, Investment Rating (IR) atau izin terbang tambahan, Commercial Pilot License (CPL) atau lisensi pilot pesawat komersial, Multi-Engine Rarting (MER) atau izin terbang pesawat multi-engine.

6. Bandung Pilot Academy

Sekolah penerbangan yang selanjutnya adalah Bandung Pilot Academy. Akademi penerbangan ini hadir sejak 2008. Di sekolah ini peserta didik akan berlatih secara langsung di Bandara Husein Sastranegara, Bandung.
Di Bandung Pilot Academy kamu bisa mendapatkan lisensi pilot pribadi, lisensi pilot pesawat komersial, izin terbang pesawat multi-engine, dan izin terbang tambahan.

7. Deraya Flying School

Rekomendasi sekolah penerbangan yang terakhir, yaitu Deraya Flying School. Akademi ini menjadi sekolah penerbangan tertua di Indonesia karena telah didirikan sejak 1972.
Pusat pelatihannya berlokasi di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Terdapat dua progam pendidikan yang ditawarkan, yaitu tiga lisensi dengan durasi pendidikan 1,5 tahun dan empat lisensi dengan durasi dua tahun.
Itulah referensi 7 sekolah penerbangan yang ada di Indonesia. Semoga informasi di atas membantu kamu dalam menentukan pilihan untuk melanjutkan pendidikan.

7 Kampus Terbaik di Kalimantan Timur Lengkap dengan Akreditasi

7 Kampus Terbaik di Kalimantan Timur – Masa menjadi seorang siswa akan usai, sudah saatnya menyiapkan diri untuk menjadi seorang mahasiswa di kampus atau universitas pilihan. Mempersiapkannya tentu butuh proses, salah satunya adalah dengan memilih kampus terbaik dengan pertimbangan yang matang. Oleh karena itu, penting mengetahui bagaimana track record kampus atau universitas yang akan dituju.

Nah, untuk Kamu yang ingin melanjutkan study di tanah Borneo khususnya Kalimantan Timur, berikut jasabuswisata.com rangkum 7 kampus terbaik di Kalimamtan Timur lengkap dengan akreditas kampus yang dimiliki, check it out:

  1. UNIVERSITAS MULAWARMAN, SAMARINDA

Status Akreditasi : A

Info Kampus:

Untuk warga Samarinda dan sekitarnya, tentu tak asing lagi dengan kampus tertua yang ada di Samarinda, Kalimantan Timur ini. Universitas Mulawarman atau biasa di singkat dengan UNMUL merupakan Universitas negeri pertama dan terbesar yang menyandang akreditasi A dan menjadi perguruan tinggi yang memilki jumlah mahasiswa terbesar di Kalimantan Timur. Didirikan pada tanggal 27 September 1962 di atas lahan sebesar 75 hektare dan 62 hektare lahan hutan pendidikan.

Mulawarman sendiri merupakan nama Raja Mulawarman Nala Dewa dari Kerajaan Kutai di abad ke-4, dan merupakan kerajaan pertama di Indonesia yang tercatat dalam sejarah, yang berlokasi di Kalimantan Timur.

Universitas Mulawarman berlokasi di Samarinda, kampus utamanya terletak di Gunung Kelua, sedangkan 3 kampus lainnya terdapat di Jalan Pahlawan, Jalan Banggeris dan Jalan Flores.

Baca Juga: Cara Mudah Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Tak hanya menjadi primadona di Kalimantan Timur, banyak mahasiswa yang berasal dari luar pulau Kalimantan turut mencari ilmu di kampus ini. Setiap tahunnya, Unmul menerima mahasiswa baru dengan kisaran jumlah 5.000 – 5.500 mahasiswa di seluruh Indonesia. Banyaknya program studi di UNMUL menjadi salah satu faktor kampus ini paling diminati. Tercatat, ada 14 Fakultas dan 92 program studi yang di Universitas Mulawarman. 7 Program studi D3, 62 program studi S1, 18 prorgam studi S2, 4 program studi doktor (S3), dan 5 program studi jenjang profesi.

Di bidang pengembangan minta bakat mahasiswa, UNMUL memiliki kurang lebih 15 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) tingakat Universitas yang terletak dalam satu gedung berlantai 3 yang diberi nama Student Center. Jumlah tersebut belum termasuk dengan UKM yang berada di tataran 14 fakultas yang berbeda.

Pada 2016, UNMUL masuk dalam daftar 30 kampus terbaik di Indonesia bersama dengan UI, ITB, dan UGM. Selain itu, hasil riset ayokuliah.id UNMUL menepati peringkat 64 dari 4.913 Kampus di Indonesia. Di bidang ICT Unmul menepati peringkat ke 34 dari TeSCA (Telkom Smart Campus Award).

Daftar Fakultas Universitas Mulawarman:

  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Farmasi
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Ilmu Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Kehutanan
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat
  • Fakultas Matematika dan IPA
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  • Fakultas Pertanian
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi
  • Program Pascasarjana

Alamat: Jalan Kuaro, Gn. Kelua, Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75119

Telepon: (0541) 749343

Informasi lengkap: www.unmul.ac.id

  1. POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA

Status Akreditasi: B

Info Kampus:

Kampus terbaik juga yang paling diminati selanjutnya adalah Politeknik Negeri Samarinda (POLNES) yang sebelumnya bernama Politeknik Universitas Mulawarman. Didirikan pada 3 Desember 1985, Polnes memiliki luas lahan sebesar 10 hektare yang dilengkapi dengan gedung direktorat, ruang kuliah, ruang rerba guna, gedung labolatorium dan bengkel, gedung perpustakaan, gedung pusat komputer, gedung pusat bahasa, gedung pusat kegiatan kemahasiswaan dan gedung penunjang lainnya.

Polnes memiliki 10 Jurusan dengan 17 Program Studi. Untuk saat ini, jurusan yang ada di perguruan tinggi tersebut terbagi dalam 3 jenjang pendidikan, yaitu jenjang sarjana S1, diploma 3 DIII dan Diploma 4 DIV. Hampir semua program studi yang ada sudah mendapatkan status akreditasi oleh BAN-PT, jadi Kamu tidak perlu meragukan akan kualitas pendidikan yang ada di kampus tersebut.

Untuk pengembangan skill mahasiswa nya pun, kampus ini memiliki beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) seperti yang bergerak di bidang jurnalistik, seni dan budaya, dan keagamaan. Selain itu, Polnes berada di peringkat ke 108 dari 4.913 kampus di Indonesia.

Daftar Program Studi dan Jurusan Polnes:

Program Studi S1

  • Akuntansi
  • Administrasi Bisnis
  • Teknik Mesin
  • Teknik Elektro

Teknik Sipil

  • Teknik Kimia
  • Desain
  • Teknologi Informasi
  • Pariwisata
  • Kemaritiman

Program Studi D4 / Sarjana Sains Terapan (S.ST)

  • Rekayasa Jalan dan Jembatan (TEKNIK SIPIL)
  • Teknik Mesin Produksi dan Perawatan
  • Teknik Informatika Multimedia
  • Teknik Elektro
  • Akuntansi Manajerial (AKUTANSI)
  • Keuangan Perbankan
  • Manajemen Pemasaran (ADMINISTRASI BISNIS)
  • Petro dan Oleo Kimia / Kimia Analis (KIMIA)

Program Studi D3 / Ahli Madya (A.MD)

  • Teknik Sipil
  • Teknik Elektro / Listrik
  • Teknik Mesin Produksi dan Perawatan
  • Teknik Mesin Alat Berat
  • Teknik Komputer
  • Teknik Informatika
  • Desain Produk
  • Arsitektur
  • Akuntansi
  • Administrasi Bisnis
  • Teknik Kimia
  • Pariwisata
  • Teknika (Kemaritiman)
  • Nautika (Kemaritiman)
  • KPNK (Kemaritiman)

Alamat: Kampus Gunung Lipan, Jl. DR. Ciptomangunkusumo, Sungai Keledang, Samarinda Seberang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75131

Hot line: PABX (0541) 260588

FAX: (0541) 260355

Informasi Lengkap: www.polnes.ac.id

  1. UNIVERSITAS BALIKPAPAN

Status Akreditasi: B

Info Kampus:

Daftar kampus terbaik di Kalimantan Timur versi jasabuswisata.com selanjutnya adalah Universitas Balikpapan atau biasa dikenal dengan Uniba adalah perguruan tinggi swasta yang berada di Balikpapan, Kalimantan Timur dan berdiri pada 1 Juli 1981.

Dari 4.913 kampus di Indonesia, Uniba berada di peringkat 141. Di Kalimantan, Uniba menempati peringkat ke- 10 dari PTN/PTS se-kalimantan yang di antaranya peringkat satu sampai sembilan diduduki oleh PTN dan peringkat ke 10 diduduki oleh PTS yaitu Uniba. Artinya, Uniba menjadi satu-satunya kampus swasta terbaik yang ada di Kalimantan.

Terdapat 7 fakultas yang berada di Uniba dengan 12 Program studi yang terdiri dari jenjang diploma hingga S1 dan Magister S2. Sama halnya dengan perguruan tinggi terbaik lainnya, semua program studi yang ada di kampus ini telah mendapatkan izin dan akreditasi resmi dari BAN-PT, jadi kualitas pendidikan tak perlu diragukan lagi .

Daftar Fakultas Universitas Balikpapan:

  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Sastra
  • Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan
  • Fakultas Teknik Industr
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Diploma IV Keselamatan dan Kesehatan Kerja (D4K3)
  • PascaSarjana Program Magister Ilmu Hukum

Alamat: Jalan Pupuk Raya, Gunung Bahagia Balikpapan

Telp : (0542) 765442,764205

Fax : (0542) 764205

Informasi Lengkap: www.uniba-bpn.ac.id

  1. Universitas 17 Agustus Samarinda

Status Akreditasi: B

Info Kampus:

Di daftar ke- 4 ada Universitas 17 Agustus atau biasa dikenal dengan sebutan Untag yang merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Kalimantan Timur. Didirikan oleh Yayasan Pendidikan 17 Agustus 1945 Samarinda pada 27 September 1963.

Terdiri dari 6 Fakultas, yaitu Fakultas Teknik, Fisipol, Hukum, Ekonomi, Pertanian, Psikolog dan Infokom dengan 9 jurusan yang telah terakreditasi.

Pada awal berdirinya dengan nama Fakultas Hukum dan Ilmu Kemasyarakatan cabang Untag Jakarta, yang kemudian menjadi Perguruan Tinggi 17 Agustus 1945 Samarinda yang terdiri dari Sekolah Tinggi Ilmu Hukum, Akademi Ilmu Administrasi dan Niaga dan Sekolah Tinggi Teknologi, yang kemudian berubah nama menjadi Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda.

Alamat : Jalan Ir H Juanda No 80 75124 Samarinda, Kalimantan Timur.

Informasi Lengkap: www.untag-smd.ac.id

  1. UNIVERSITAS MUHAMADIYAH KALIMANTAN TIMUR (UMKT)

Status Akreditasi: B (Prodi Manajemen)

Info Kampus:

Terbilang muda, merger antara STIE dan STIKES Muhammadiyah Samarinda menjadi Universitas Muhamadiyah Kalimantan Timur (UMKT) yang resmi didirikan pada 6 Oktober 2016 melalui SK Kemenristedikti No. 463/KPT/I/2017 masuk dalam daftar kampus terbaik yang ada di Kalimantan Timur versi jasabuswisata.com.

Pada Agustus 2019, dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kota sehat dan ramah anak di Bumi Pesut Etam (Kalimantan), program studi S1 Kesehatan Masyarakat UMKT Gelar 1st National Conference of Public Health. Selain itu, prestasi yang juga sempat terukir di kampus ini adalah berhasilnya seorang mahasiswa S1 Ilmu Keperawatan UMKT mengikuti Summer Course di Taiwan.

Daftar Fakultas dan Program Studi UMKT :

Fakultas Kesehatan Dan Farmasi

  • S1 Kesehatan Masyarakat
  • S1 Kesehatan Lingkungan
  • D3 Kesehatan Lingkungan
  • D3 Keperawatan
  • Program Profesi NERS
  • Farmasi

Fakultas Keguruan Dan Pendidikan

  • Pendidikan Bahasa Inggris
  • Pendidikan Olahraga

Fakultas Ekonomi Hukum Politik Dan Psikologi

  • Manajemen
  • Hukum
  • Psikologi
  • Hubungan Internasional

Fakultas Sains Dan Teknologi

  • S1 Teknik Informatika
  • S1 Teknik Mesin
  • S1 Teknik Sipil

Alamat Lengkap: Sidodadi, Kecamatan Samarinda Ulu, Samarinda, Kalimantan Timur 75243

Informasi Lengkap: www.umkt.ac.id

  1. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SAMARINDA (IAIN)

Status Akreditasi: B

Info Kampus:

Institut Agama Islam Negeri Samarinda (sebelumnya bernama Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sultan Sulaiman atau STAIN Sultan Sulaiman) adalah Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri di Samarinda, Kalimantan Timur. Perguruan tinggi ini didirikan berdasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 11/21 Maret 1997 bertepatan dengan Tanggal 12 Dzulqaidah 1417 H.

Program Studi dan Fakultas IAIN Samarinda:

  • Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD)
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK)
  • Fakultas Syari’ah (FS)
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI)
  • Program Pascasarjana

Alamat : Jalan H. A. M. Rifaddin, Harapan Baru, Kecamatan Loa Janan Ilir, Samarinda, Kalimantan Timur 75251

Info Lengkap: www.iain-samarinda.ac.id

  1. UNIVERSITAS WIDYAGAMA MAHAKAM SAMARINDA

Status Akreditasi: B

Info Kampus:

Terakhir adalah kampus yang jaraknya tidak jauh dari Universitas Mulawarman, yaitu Universitas Widya Gama Mahakam. Universitas Widya Gama Mahakam adalah perguruan tinggi swasta yang juga berada di Samarinda, Kalimantan Timur.

Universitas ini berdiri pada 8 Mei 1985 di bawah naungan Yayasan Pembina Pendidikan Mahakam.

Universitas Widyagama Mahakam Samarinda berhasil mendapatkan akreditasi B, dan berlaku hingga 7 November 2022.

Daftar Fakultas Universitas Widyagama

  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
  • Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat
  • Fakultas Pertanian

Alamat : Jalan K.H. Wahid Hasyim No.28, Sempaja Selatan, Samarinda Utara, Sempaja Sel , Samarinda Utara, Samarinda, Kalimantan Timur 75243

Info Lengkap: https://uwgm.ac.id

Itulah daftar kampus terbaik dan paling banyak diminati di Kalimantan Timur. So, kampus mana yang kamu pilih?

5 SMK Terbaik di Kota Samarinda Kalimantan Timur untuk Referensi PPDB 2022

5 SMK Terbaik di Kota Samarinda Kalimantan Timur – SMK menjadi salah satu alternatif untuk siswa SMP kelas 9 yang akan melanjutkan jenjang pendidikannya.

Dilansir Jasabuswisata.com melalui situs web Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan kota Samarinda Kalimantan Timur memiliki 221 SMK.

Daftar 5 SMK terbaik di kota Samarinda yang bisa jadi referensi PPDB 2022:

1.SMK Negeri 1 Samarinda

SMK Negeri 1 Samarinda memiliki slogan yaitu ‘SMART’ dimana, S adalah selalu berorientasi pada mutu, M adalah maju dalam berprestasi, A adalah amanah dalam menjalankan tugas, R adalah ramah dalam melayani pelanggan, dan T adalah terciptanya lingkungan yang asri dan hijau.

SMK Negeri 1 Samarinda memiliki 6 kompetensi keahlian yaitu akuntansi, administrasi perkantoran, pemasaran, usaha perjalanan wisata, multimedia, dan teknik komputer jaringan.

Situs Web Sekolah : https://smkn1samarinda.sch.id/
Alamat : Jl. Pahlawan No.04, Dadi Mulya, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

2. SMK Negeri 7 Samarinda

SMK Negeri 7 Samarinda memiliki tujuan yaitu dapat mengembangkan bidang keahlian teknologi informasi dan komunikasi serta dapat memberikan kontribusi bagi percepatan pembangunan di Kalimantan Timur.

SMK Negeri 7 Samarinda memiliki 3 bidang keahlian yaitu teknik komputer jaringan, rekayasa perangkat lunak, dan multimedia.

Situs Web Sekolah : https://smkn7-smr.sch.id/
Alamat : Jl. Aminah Syukur No.82, Sungai Pinang Luar, Kec. Samarinda Kota, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Baca Juga: 10 SMA, MA, dan SMK Terbaik di Kabupaten Sukoharjo Lengkap dengan Nilai serta Peringkat Provinsi dan Nasional

3.SMK Negeri 17 Samarinda

SMK Negeri 17 Samarinda memiliki tujuan yaitu mencetak lulusan yang mampu bekerja dibidang kesehatan tingkat menengah secara profesional.

Program keahlian SMK Negeri 17 Samarinda yaitu farmasi klinis dan komunitas, dental asisten (kesehatan gigi), dan teknologi laboratorium medik.

Situs Web Sekolah : https://www.smkn17samarinda.sch.id/
Alamat : Jl. Kadrie Oening, RT.17, Air Hitam, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Baca Juga: Daftar Lengkap SMK Teknik Mesin di Kab Bekasi

4.SMK Negeri 8 Samarinda

Salah satu misi sekolah SMK Negeri 8 Samarinda yaitu dapat menyiapkan tenaga yang siap pakai untuk selanjutnya terserap oleh dunia usaha dan industri jasa angkutan laut.

SMK Negeri 8 Samarinda memiliki 4 bidang keahlian yaitu nautika kapal niaga, teknika kapal niaga, UKK akuntansi, dan UKK OTKP.

Situs Web Sekolah : https://www.smkn8smd.sch.id/
Alamat : Jl. Syahrani Dahlan No.2, RW.25, Harapan Baru, Kec. Loa Janan Ilir, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

5.SMK Negeri 2 Samarinda

SMK Negeri 2 Samarinda memiliki motto ‘SATRIA’ dimana, S adalah sigap dan disiplin, A adalah aktif dan kreatif, T adalah terampil, R adalah ramah lingkungan, dan I adalah inovatif, dan A adalah agamis.

SMK Negeri 2 Samarinda memiliki 9 kompetensi keahlian yaitu:

-Teknik Bisnis Konstruksi dan Properti
-Teknik Desain Pemodelan dan Informasi bangunan
-Teknik Pemesinan
-Teknik Geomatika
-Teknik Instalasi Tenaga Listrik
-Teknik Pendinginan dan Tata Udara
-Teknik Audio Video
-Teknik Alat Berat

Situs Web Sekolah : https://smkn2samarinda.sch.id/
Alamat : Jl. A. Wahab Syahranie No.01, Air Hitam, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Demikian 5 SMK Terbaik di Kota Samarinda Kalimantan Timur untuk referensi PPDB 2022.

Daftar Lengkap SMK Teknik Mesin di Kab Bekasi

SMK Teknik Mesin di Kab Bekasi – Berikut ini merupakan daftar Sekolah Menengah Kejuruan SMK Negeri maupun SMK Swasta di Kabupaten Bekasi yang mempunyai Program Keahlian Teknik Mesin, dengan Kompetensi Keahlian / Jurusan Teknik Pemesinan, Teknik Pengelasan, Teknik Pengecoran Logam, Teknik Mekanik Industri, Teknik Perancangan dan Gambar Mesin, Teknik Fabrikasi Logam dan Manufaktur

SMK Negeri 1 Cibarusah

Alamat : Jl. Raya Tegal Panjang, Cibarusah Wibawamulya, Kec. Cibarusah, Kab. Bekasi
No. Telpon : 081 1116002
NPSN : 20244734 :
Akreditasi : B
Kompetensi Keahlian / Jurusan SMK Negeri 1 Cibarusah :
Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Teknik Pendinginan dan Tata Udara, Teknik Pengelasan

SMK Negeri 1 Cikarang Barat

Alamat : Jl. Teuku Umar No. 1, Gandasari, Kec. Cikarang Barat, Kab. Bekasi
No. Telpon : 021 88335779
NPSN : 20218369 :
Akreditasi : A
Kompetensi Keahlian / Jurusan SMK Negeri 1 Cikarang Barat :
Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan, Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, Teknik Elektronika Industri, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Mekanik Industri, Teknik Pemesinan, Teknik Pengelasan

Baca Juga: Daftar 27 Sekolah Swasta Terbaik di Jakarta Berdasarkan Nilai UTBK

SMK Negeri 1 Cikarang Pusat

Alamat : Jl. Raya Pasir Ranji, Pasirranji, Kec. Cikarang Pusat, Kab. Bekasi
No. Telpon :
NPSN : 20244820 :
Akreditasi : A
Kompetensi Keahlian / Jurusan SMK Negeri 1 Cikarang Pusat :
Teknik Elektronika Industri, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Teknik Pemesinan

SMK Negeri 1 Cikarang Selatan

Alamat : Jl. Ciantra, Sukadami, Kec. Cikarang Selatan, Kab. Bekasi
No. Telpon : 081 11444240
NPSN : 20238032 :
Akreditasi : A
Kompetensi Keahlian / Jurusan SMK Negeri 1 Cikarang Selatan :
Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Teknik Elektronika Industri, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Pemesinan

SMK Negeri 1 Tambun Utara

Alamat : Raya Srijaya No.2, Srijaya, Kec. Tambun Utara, Kab. Bekasi
No. Telpon : 021 70789821
NPSN : 20245436 :
Akreditasi : A
Kompetensi Keahlian / Jurusan SMK Negeri 1 Tambun Utara :
Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, Teknik Elektronika Industri, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Teknik Pemesinan

SMK Negeri 1 Tarumajaya

Alamat : Jl. Ifolia, Harapan Indah, Pusakarakyat, Kec. Taruma Jaya, Kab. Bekasi
No. Telpon : 021 88992124
NPSN : 20244766 :
Akreditasi : B
Kompetensi Keahlian / Jurusan SMK Negeri 1 Tarumajaya :
Kimia Industri, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Mekanik Industri

SMK Negeri 3 Cikarang Barat

Alamat : Perum Metland Cibitung, Telagamurni, Kec. Cikarang Barat, Kab. Bekasi
No. Telpon :
NPSN : 69974030 :
Akreditasi : A
Kompetensi Keahlian / Jurusan SMK Negeri 3 Cikarang Barat :
Bisnis Konstruksi dan Properti, Tata Busana, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Perancangan dan Gambar Mesin

SMK Ananda Mitra Industri Deltamas

Alamat : Jl. Deltamas Boulevard Blok C01, Hegarmukti, Kec. Cikarang Pusat, Kab. Bekasi
No. Telpon : 021 22157871
NPSN : 69988559 :
Akreditasi : A
Kompetensi Keahlian / Jurusan SMK Ananda Mitra Industri Deltamas :
Teknik Elektronika Industri, Teknik Pemesinan

SMK Bina Prestasi

Alamat : Jl. Lambangsari Kawasan Grand Wisata, Lambangsari, Kec. Tambun Selatan, Kab. Bekasi
No. Telpon : 021 82605636
NPSN : 20218372 :
Akreditasi : A
Kompetensi Keahlian / Jurusan SMK Bina Prestasi :
Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Pemesinan

SMK Budi Perkasa

Alamat : Jl. Sultan Hasanudin Tambun Bekasi, Mekarsari, Kec. Tambun Selatan, Kab. Bekasi
No. Telpon : 021 88367056
NPSN : 20244765 :
Akreditasi : A
Kompetensi Keahlian / Jurusan SMK Budi Perkasa Bekasi :
Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Pemesinan

SMK CBT

Alamat : Kp. Selang Cau, Wanasari, Kec. Cibitung, Kab. Bekasi
No. Telpon : 085 313102977
NPSN : 20238039 :
Akreditasi : B
Kompetensi Keahlian / Jurusan SMK CBT Bekasi :
Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Pemesinan

SMK Darul Amal

Alamat : Jl.Raya Buni Bakti, Bunibakti, Kec. Babelan, Kab. Bekasi
No. Telpon : 021 91564219
NPSN : 20247328 :
Akreditasi : B
Kompetensi Keahlian / Jurusan SMK Darul Amal :
Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Teknik Mekanik Industri

SMK Gelora Industri

Alamat : Jl. Indofarma, Gandasari, Kec. Cikarang Barat, Kab. Bekasi
No. Telpon : 021 88333180
NPSN : 20229780 :
Akreditasi : B
Kompetensi Keahlian / Jurusan SMK Gelora Industri :
Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Teknik Mekanik Industri

SMK Global Mulia

Alamat : Jl. Untung Suropati Kp Cibereum Desa Mekarmukti, Pasirsari, Kec. Cikarang Selatan, Kab. Bekasi
No. Telpon : 021 89323055
NPSN : 69819427 :
Akreditasi : A
Kompetensi Keahlian / Jurusan SMK Global Mulia :
Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Pemesinan

SMK Hs Agung

Alamat : Jl. Buyut Kaipah, Kp. Pulo Bambu, Karangbahagia, Kec. Karang Bahagia, Kab. Bekasi
No. Telpon : 089 665829952
NPSN : 69787351 :
Akreditasi : A
Kompetensi Keahlian / Jurusan SMK Hs Agung :
Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Pemesinan

SMK IT Fitrah Hanniah

Alamat : Jl. B. Bosih Raya, Wanasari, Kec. Cibitung, Kab. Bekasi
No. Telpon : 021 29255063
NPSN : 69892336 :
Akreditasi : B
Kompetensi Keahlian / Jurusan SMK IT Fitrah Hanniah :
Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, Teknik Mekanik Industri

SMK Karya Bhakti 2

Alamat : Jl. Rawa Kuda Rengasbandung, Karangsambung, Kec. Kedung Waringin, Kab. Bekasi
No. Telpon : 021 122160527
NPSN : 20229779 :
Akreditasi : A
Kompetensi Keahlian / Jurusan SMK Karya Bhakti 2 :
Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Pemesinan

SMK Laboratorium Global

Alamat : Jl. Ki Hajar Dewantara No.21, Karangasih, Kec. Cikarang Utara, Kab. Bekasi
No. Telpon : 021 22182593
NPSN : 69893352 :
Akreditasi : C
Kompetensi Keahlian / Jurusan SMK Laboratorium Global :
Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Teknik Pemesinan

SMK Mitra Industri

Alamat : Kawasan Industri Mm 2100 Jl. Kalimantan Blok Dd-1, Danauindah, Kec. Cikarang Barat, Kab. Bekasi
No. Telpon : 021 89983961
NPSN : 69754539 :
Akreditasi : A
Kompetensi Keahlian / Jurusan SMK Mitra Industri :
Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Perhotelan, Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, Teknik Elektronika Industri, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Teknik Pemesinan

SMK Nusantara

Alamat : Jl. Pebayuran No.34, Kedungwaringin, Kec. Kedung Waringin, Kab. Bekasi
No. Telpon : 081 280530678
NPSN : 20238049 :
Akreditasi : B
Kompetensi Keahlian / Jurusan SMK Nusantara :
Teknik Pemesinan

SMK Smart

Alamat : Jl. Perum Villa Mutiara Cikarang Blok D8 No.22, Ciantra, Kec. Cikarang Selatan, Kab. Bekasi
No. Telpon : 021 89901724
NPSN : 20271401 :
Akreditasi : C
Kompetensi Keahlian / Jurusan SMK Smart :
Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Pemesinan

SMK Teknikom Cikarang

Alamat : Jl. Raya Jagawana Km.01, Sukarukun, Kec. Sukatani, Kab. Bekasi
No. Telpon : 021 29488314
NPSN : 69881052 :
Akreditasi : B
Kompetensi Keahlian / Jurusan SMK Teknikom Cikarang :
Multimedia, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Pemesinan, Teknik Pengendalian Produksi

SMK TONs

Alamat : Kp. Utansalak Tanah Gabus, Kertamukti, Kec. Cibitung, Kab. Bekasi
No. Telpon : 021 89170250
NPSN : 69965370 :
Akreditasi : A
Kompetensi Keahlian / Jurusan SMK TONs :
Multimedia, Teknik Pemesinan

Cara Mudah Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Cara Mudah Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri – Melanjutkan studi kerap dihadapkan dengan masalah biaya. Salah satu cara menyiasatinya, adalah dengan mengikuti program beasiswa. Berikut ini adalah cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri.

Menempuh pendidikan sampai tuntas bisa jadi merupakan impian semua orang. Dengan demikian, kita bisa lebih mudah dalam menggapai cita-cita. Termasuk bekerja di tempat tertentu dengan profesi yang diimpikan.

Tak heran ketika pendidikan menjadi salah satu yang paling penting. Namun di balik hal tersebut, tentu selalu ada kendala. Salah satu yang kerap menjadi hambatan adalah masalah ekonomi.

Cara termudah yang bisa dijadikan pilihan adalah dengan mengikuti program beasiswa. Fasilitas yang didapatkan bisa berupa potongan biaya pendidikan hingga selesai. Beberapa program beasiswa juga ada yang menyediakan tunjangan hidup, bahkan tempat tinggal.

Berikut ini ulasan mengenai bagaimana cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri. Beberapa di antaranya berlaku untuk program kuliah S1 dan S2. Dilansir dari Glints.com, berikut ini adalah penjelasannya.

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Mendapatkan beasiswa tentu bukanlah hal yang mudah. Terlebih ketika Anda ingin mendaftar pendidikan di luar negeri. Seleksinya akan lebih ketat dan sebaiknya Anda memiliki ‘senjata’ yang lengkap untuk ini. Berikut ini adalah cara-cara yang harus dilakukan.

1. Punya Banyak Prestasi Akademik

Prestasi akademik merupakan hal paling mendasar yang harus dimiliki ketika Anda ingin mendaftar beasiswa kuliah di luar negeri. Dari hal inilah, pihak penyedia beasiswa dapat mempertimbangkan apakah Anda layak atau tidak.

2. Telusuri Lembaga Penyedia Program Beasiswa

Sebelum menelusuri, sebaiknya Anda juga harus tahu lembaga mana yang akan menjadi sasaran. Setelah itu, cari tahu banyak tentang lembaga terkait. Termasuk detail fasilitas beasiswa yang ditawarkan.

3. Hubungi Lembaga

Setelah sudah tahu pasti lembaga mana yang akan dipilih dan sudah menelusuri, Anda dapat menghubungi pihaknya. Tujuannya untuk menyampaikan maksud Anda yang ingin mendaftar beasiswa dan mengkonfirmasi hal-hal yang mungkin masih kurang jelas.

4. Kantongi Surat Rekomendasi

Salah satu hal penting dalam mendaftar beasiswa luar negeri adalah surat rekomendasi dari lembaga pendidikan sebelumnya. Untuk Anda yang mengincar program S1, bisa minta dari pihak sekolah. Demikian dengan program S2, surat rekomendasi harus berasal dari universitas S1.

5. Mahir Berbahasa Asing

Sebelum memutuskan akan mendaftar beasiswa, akan lebih baik apabila Anda sudah lumayan mahir dalam berbahasa asing. Pasalnya, mahasiswa asing yang kuliah di luar negeri biasanya perlu mengantongi hasil tes Bahasa Inggris dengan skor tertentu. Demikian juga dengan bahasa negara tertentu yang biasanya mengharuskan Anda mengambil kursus terlebih dahulu.

6. Mulai Membuat CV, Motivation Letter dan Essay

Dokumen penting yang harus disertakan adalah curriculum vitae yang berisi data diri dan track record akademik. Lalu, motivation letter biasanya ditulis dalam Bahasa Inggris yang berisi alasan Anda ingin mendaftar. Terakhir adalah essay yang sekarang banyak dijadikan syarat dalam mendapatkan beasiswa.

7. Latihan Wawancara

Apabila sudah dinyatakan lulus seleksi berkas, biasanya Anda diminta untuk mengikuti wawancara. Untuk proses wawancara yang lancar, sebaiknya Anda banyak berlatih. Namun jangan lupa untuk menjadi diri sendiri dan tidak dibuat-buat.

8. Daftar beasiswa

Setelah dokumen yang akan dilampirkan sudah lengkap, Anda bisa mendaftar beasiswa dengan cara yang sudah ditentukan pihak penyedia. Biasanya dikirimkan melalui e-mail.

Program Beasiswa Luar Negeri

Program beasiswa ke luar negeri memang sudah umum diadakan oleh pihak dalam negeri. Sebut saja lembaga pemerintah atau perusahaan tertentu yang menggandeng universitas ternama. Namun opsi-opsi di bawah ini bisa jadi solusi untuk Anda yang ingin mendaftar beasiswa langsung dari negara yang ingin dituju.

Perlu diketahui bahwa pemerintah luar negeri juga kerap membuka beasiswa untuk mahasiswa asing. Tak hanya itu, pihak kampus juga demikian. Sebaiknya Anda mencari tahu lebih banyak tentang negara dan universitas yang mengadakan program demikian.

Dilansir dari situs Brain Academy, tercatat ada sepuluh beasiswa yang disediakan oleh pemerintah luar negeri. Berikut ini penjelasannya.

1. Brunei Darussalam Government Scholarship

Program beasiswa ini bisa jadi pilihan untuk Anda yang ingin menempuh pendidikan di luar negeri namun tidak tidak terlalu jauh. Program ini disediakan oleh pemerintah Brunei Darussalam untuk mahasiswa S1 dan S2. Menariknya, pilihan kampusnya juga beragam. Di antaranya adalah:

  • Universiti Islam Sultan Sharif Ali
  • Universiti Brunei Darussalam
  • Kolej Universiti Perguruan Ugama Seri Begawan
  • Politeknik Brunei
  • Universiti Teknologi Brunei

2. KAIST Scholarship

Beasiswa satu ini berfokus pada jurusan berbau teknologi, tepatnya di Korea Selatan. Fasilitas yang dijanjikan termasuk biaya kuliah gratis selama delapan semester, biaya hidup hingga asuransi kesehatan.

Program ini memang ditujukan kepada calon mahasiswa internasional yang lulus sebelum tenggat waktu tertentu. Selain dokumen penting yang biasanya memang harus disiapkan, Anda juga harus melakukan TOEIC (Test of English for International Communication).

3. Mitsui Bussan Scholarship

Cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri satu ini cocok untuk Anda yang ingin menempuh pendidikan di negeri Sakura, yakni Jepang. Jaminan biaya pendidikannya adalah lima tahun. Termasuk di dalamnya 1,5 tahun kursus Bahasa Jepang dan empat tahun masa perkuliahan. Tidak hanya itu, fasilitas lainnya termasuk tunjangan hidup dan biaya transportasi bolak-balik.

4. Orange Tulip Scholarship

Beasiswa ini diadakan oleh pemerintahan Belanda bersama Nuffic Neso Indonesia, yaitu organisasi non-profit yang berpusat di Kota Denmark. Program ini menawarkan kemungkinan untuk berkuliah di antara 25 kampus ternama di Belanda. Syarat utamanya adalah menjadi mitra beasiswa Orange Tulip Scholarship. Anda akan mendapatkan potongan 30-100% biaya pendidikan sampai tuntas.

5. IFA Paris Scholarship

Program ini menawarkan tiga cakupan beasiswa berdasarkan potongan biaya pendidikan. Fokus dari beasiswa ini adalah jurusan di bidang fashion. Mengingat negara Prancis memang terkenal sebagai pusat fashion dunia.

Adapun, program studi yang bisa dipilih adalah Bachelor Fashion Design and Technology, Bachelor Visual Merchandising, Bachelor Fashion Marketing dan Bachelor Fashion Sustainability.

Daftar 27 Sekolah Swasta Terbaik di Jakarta Berdasarkan Nilai UTBK

Sekolah Swasta Terbaik di Jakarta—DKI Jakarta merupakan gudangnya sekolah swasta yang berkualitas. Banyak sekolah swasta yang prestasinya melebihi sekolah negeri.

Salah satu ukuran kulitas sekolah ialah data yang dikeluarkan oleh Institusi Percobaan Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). LTMPT mengeluarkan daftar Top 1000 sekolah Tahun 2021 Menurut Skor UTBK. UTBK yaitu percobaan masuk ke perguruan tinggi yang dijalankan oleh LTMPT. Pada tahun 2021 jumlah sekolah asal peserta UTBK 2021 sebanyak 23.110.

Baca juga : Rekomendasi 10 SMK Terbaik di Indonesia untuk Referensi PPDB

Dari 1.000 sekolah terbaik menurut poin UTBK yang dirilis LTMP, terdapat 132 sekolah asal DKI Jakarta. Dari jumlah itu terdapat 27 sekolah swasta. Berdasarkan data di Kemendikbud, di Jakarta terdapat 590 sekolah setingkat SLTA. Sebanyak 451 di antaranya ialah sekolah swasta.

Berada di peringkat pertama dalam daftar Top 1.000 Sekolah versi LTMPT, untuk sekolah swasta di Jakarta ialah SMAS 1 Kristen BPK Penabur. Sekolah ini menempati ranking enam nasional dengan poin UTBK 637,807.

27 Sekolah Swasta Terbaik di Jakarta Berdasarkan Nilai UTBK

1. SMAS 1 KRISTEN BPK PENABUR

Peringkat nasional : 6 Nilai UTBK : 637,807

2. SMA LABSCHOOL KEBAYORAN

Peringkat nasional : 12 Nilai UTBK : 607,014

3. SMAS KRISTEN 5 BPK PENABUR

Peringkat nasional : 14 Nilai UTBK : 604,204

4. SMAS KANISIUS JAKARTA

Peringkat nasional : 16 Nilai UTBK : 603,144

5. SMAS KRISTEN 3 PENABUR JAKARTA

Peringkat nasional : 20 Nilai UTBK : 600,743

6. SMAS SANTA URSULA

Peringkat nasional : 24 Nilai UTBK : 597,814

7. SMAS KRISTEN IPEKA PURI INDAH

Peringkat nasional : 27 Nilai UTBK : 596,974

8. SMAS ISLAM AL-AZHAR 1 JAKARTA

Peringkat nasional : 37 Nilai UTBK : 591,282

9. SMAS GONZAGA JAKARTA

Peringkat nasional : 63 Nilai UTBK : 580,858

10. SMAS KRISTEN 7 BPK PENABUR JAKARTA

Peringkat nasional : 68 Nilai UTBK : 579,313

11. SMAS LABSCHOOL JAKARTA

Peringkat nasional : 103 Nilai UTBK : 572,155

12. SMAS SANTA THERESIA JAKARTA

Peringkat nasional : 118 Nilai UTBK : 570,55

13. SMAS KATOLIK SANG TIMUR

Peringkat nasional : 143 Nilai UTBK : 565,303

14. SMAS AL IZHAR JAKARTA

Peringkat nasional : 227 Nilai UTBK : 554,078

15. SMA TARAKANITA 1 JAKARTA

Peringkat nasional : 325 Nilai UTBK : 544,8

16. SMAS FONS VITAE 1 JAKARTA

Peringkat nasional : 430 Nilai UTBK : 535,966

17. SMA CHARITAS

Peringkat nasional : 620 Nilai UTBK : 525,847

18. SMA GARUDA CENDEKIA

Peringkat nasional : 625 Nilai UTBK : 525,638

19. SMAS JAKARTA ISLAMIC SCHOOL

Peringkat nasional : 672 Nilai UTBK : 523,119

20. SMAS ISLAM AL-AZHAR 3 JAKARTA

Peringkat nasional : 705 Nilai UTBK : 522,068

21. SMAIT Buahati Islamic School

Peringkat nasional : 731 Nilai UTBK : 521,093

22. MAS PEMBANGUNAN UIN

Peringkat nasional : 766 Nilai UTBK : 519,748

23. SMA ISLAM AL-AZHAR 2 JAKARTA

Peringkat nasional : 775 Nilai UTBK : 519,363

24. SMAS PANGUDI LUHUR JAKARTA

Peringkat nasional : 825 Nilai UTBK : 517,257

25. SMAS INTERNATIONAL ISLAMIC HIGH SCHOOL (IIHS)

Peringkat nasional : 860 Nilai UTBK : 516,182

26. SMAS DARUNNAJAH

Peringkat nasional : 884 Nilai UTBK : 515,667

27. SMA Islam Al Azhar 19

Peringkat nasional : 908 Nilai UTBK : 514,907

7 Fakultas Dan Jurusan Universitas Katolik Parahyangan

Jurusan Universitas Katolik Parahyangan – Universitas Katolik Parahyangan atau yang biasa dikenal dengan UNPAR merupakan Universitas Katolik pertama di Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 1955. Berdirinya kampus UNPAR ditujukan untuk memenuhi kebutuhan SDM berpendidikan tinggi di Republik Indonesia ketika masa awal kemerdekaan. Oh ya, ketika itu UNPAR tidak langsung berdiri sebagai universitas ya Quipperian, melainkan berawal dari Akademi Perniagaan yang kini menjadi Fakultas Ekonomi. Hingga saat ini, UNPAR sudah melahirkan banyak alumni hebat dan berkarakter yang tersebar di seluruh Indonesia.

UNPAR menjalankan proses pendidikan dengan sesanti “Bakuning Hyang Mrih Guna Santyaya Bhakti” yang berarti berdasarkan Ketuhanan menuntut ilmu untuk dibaktikan kepada masyarakat. Dengan semangat tersebut, UNPAR menjalankan kurikulum yang bukan hanya bertujuan untuk mendidik mahasiswanya untuk pintar secara akademik tetapi juga memiliki hati nurani agar dapat membantu sesama dengan ilmunya.

Baca Juga: Daftar 7 Kampus Terbaik di Kota Hujan Bogor

Sejak tahun 1955 hingga saat ini tentunya sudah banyak perubahan dan kemajuan yang dicapai Universitas Katolik Parahyangan. Dari yang awalnya hanya satu fakultas hingga sekarang ada 7 fakultas slot deposit pulsa untuk program sarjana, ditambah lagi dengan program pascasarjana untuk magister dan doktor. Perjalanan panjang yang dialami Universitas Katolik Parahyangan akan memberimu pengalaman akademik yang berkualitas tentunya.

Fakultas dan Jurusan

1. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Hubungan Internasional
Administrasi Negara (Publik)
Administrasi Bisnis (Niaga)

2. Fakultas Filsafat

Filsafat

3. Fakultas Teknik

Teknik Sipil
Arsitektur

4. Fakultas Teknologi Industri

Teknik Kimia
Teknik Industri
Teknik Elektro

5. Fakultas Ekonomi

Bisnis
Manajemen
Akuntansi
Ekonomi Pembangunan

6. Fakultas Teknologi Informasi dan Sains

Teknik Informatika
Matematika
Fisika

7. Fakultas Hukum

Ilmu Hukum

Rekomendasi 10 SMK Terbaik di Indonesia untuk Referensi PPDB

10 SMK Terbaik di Indonesia – Berharap masuk SMK tahun ini? Berikut anjuran Sekolah Menengah Kejuruan unggulan di Indonesia menurut data LTMPT 2022

Tahun ajaran baru telah di depan mata. Apakah ada di antara kau yang mau melanjutkan studi di SMK? Apa perbedaan SMK dengan SMA umum? Apa saja jurusan dan mata pembelajaran yang ada di SMK? Yuk, kita bahas di tulisan ini.

Perbedaan SMA dan SMK

Oke, kita mulai dari kepanjangannya dahulu ya. SMA yakni singkatan dari Sekolah Menengah Atas yang lebih banyak mengajari teori diperbandingkan praktek. Biasanya, SMA mempunyai 3 klasifikasi peminatan, merupakan IPA, IPS, dan Bahasa. Para siswa dibekali pengetahuan teoritis supaya dapat lolos ke perguruan tinggi.

Walaupun SMK yakni singkatan dari Sekolah Menengah Kejuruan. Dari namanya saja, kau pasti tahu jikalau SMK diperuntukkan bagi mereka yang mau berprofesi sesudah lulus sekolah. Jurusan di SMK lebih spesifik dan beraneka-ragam, mulai dari pelayaran, farmasi, tata boga, multimedia, dan lain-lain. Sedangkan demikian itu, siswa SMK juga dapat melanjutkan kuliah ke D3, D4, atau S1.

Perbedaan yang paling mencolok antara SMK dengan SMA merupakan adanya PKL atau Prakerin. Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah aktivitas pengajaran, pelatihan, dan pelajaran bagi siswa SMK di industri yang terkait dengan kompetensi siswa pantas bidang yang digelutinya. Teladan: si kecil SMK Farmasi lazimnya mengerjakan PKL di toko obat, klinik, atau rumah sakit. PKL disebut juga sebagai magang.

SMK Terbaik di Indonesia

Pengen masuk SMK tapi masih galau menentukan pilihan? Jangan khawatir, baru-baru ini LTMPT merilis data SMK terbaik di Indonesia sebagai acuan kamu untuk mendaftar PPDB 2022. Berikut daftarnya:

Baca juga: 5 Madrasah Aliyah Negeri dan Swasta Terbaik di DKI Jakarta

1. SMK SMAK Bogor

Sekolah Menengah Analis Kimia atau yang sering disingkat SMAKBO menempati urutan pertama SMK terbaik di Indonesia. Berdiri sejak tahun 1985, SMK ini berada di bawah naungan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia dan hanya memiliki 1 jurusan yaitu Analis Kimia. SMAK SMAK Bogor mencetak tenaga analis kimia atau operator laboratorium tingkat menengah yang siap pakai selama 4 tahun masa pendidikan.

Alamat: Jalan Binamarga I RT 004 RW 008, Baranangsiang, Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat.

2. SMK SMTI Yogyakarta

Selain SMAKBO, Sekolah Menengah Teknologi Industri Yogyakarta juga berada di bawah naungan Kementerian Perindustrian Indonesia. Ada 3 kompetensi keahlian atau jurusan yang bisa kamu pilih, di antaranya: Kimia Analisis, Kimia Industri, dan Teknik Mekatronika. Lama waktu pendidikan di SMTI Yogyakarta ditempuh selama 4 tahun. Alumni SMK SMTI Yogyakarta dapat bekerja di laboratorium atau perusahaan manufaktur di Indonesia serta mancanegara.

Alamat: Jl. Kusumanegara No.3, Semaki, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

3. SMK Negeri 2 Depok Sleman

Berdiri sejak tahun 1997. waktu belajar yang ditempuh oleh siswa di SMKN 2 Depok adalah 3 tahun untuk jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB), Kimia Industri (KI), Teknik Bodi Otomotif (TBO), dan Teknik Pengolahan Minyak Gas dan Petrokimia (TPMGP). Sedangkan jurusan Sistem Informatika Jaringan Aplikasi (SIJA), Geologi Pertambangan (GP), Teknik Elektronika Daya dan Komunikasi (TEDK), Teknik Manajemen Perawatan Otomotif (TMPO), Kimia Analisis (KI), Teknik Fabrikasi Logam Manufaktur (TFLM), Teknik Otomasi Industri (TOI), dan Konstruksi Gedung Sanitasi Perawatan (KGSP) ditempuh selama 4 tahun masa pendidikan.

Alamat: Jl. STM Pembangunan, Mrican, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

4. SMK Negeri 1 Wonosari

Menempati posisi keempat, SMK Negeri 1 Wonosari termasuk sekolah menengah kejuruan terbaik di Indonesia. Adapun kompetensi keahlian atau jurusan yang bisa dipilih siswa yaitu Akuntansi dan Lembaga Keuangan, Bisnis Daring dan Pemasaran, Multimedia, Tata Kelola Perkantoran, Tata Busana, serta Tata Kecantikan Kulit dan Rambut. Pas banget nih, buat yang suka pelajaran IPS. Hebatnya lagi, semua jurusan di SMKN 1 Wonosari telah meraih juara di beberapa kompetisi tingkat provinsi dan nasional.

Alamat: Jl. Veteran, Madusari, Wonosari, Kec. Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

5. SMK Negeri 1 Temanggung

Suka pelajaran Biologi dan Kimia? Di SMKN 1 Temanggung kamu akan menemukan jurusan Agroindustri, Produksi dan Pengelolaan Perkebunan, serta Kimia Analisis. Berdiri sejak tahun 1969, penyusunan kurikulum di sekolah ini dibantu oleh beberapa perusahaan dan LIPI Yogyakarta, sehingga para siswa memiliki skill yang mumpuni. Bahkan, siswa di SMKN 1 Temanggung bisa langsung bekerja setelah lulus lho!

Alamat: Jl. S. Kadar Maron, Maron, Sidorejo, Kec. Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

6. SMK Negeri 7 Semarang

Masih di pulau Jawa, SMKN 7 Semarang termasuk SMK terbaik di Indonesia dengan program studi yang cukup beragam, di antaranya: Sistem Informatika Jaringan dan Aplikasi, Teknik Elektronika Daya Komunikasi, Teknik Fabrikasi Logam Manufaktur, Konstruksi Gedung Sanitasi Perawatan, Konstruksi Jalan Irigasi Jembatan, Teknik Mekatronika, Teknik Manajemen Perawatan Otomotif, dan Teknik Tenaga Listrik. Hayo, kamu mau pilih jurusan apa?

Alamat: Jalan Simpang Lima, RT 02 RW 01, Kel. Mugassari, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah.

7. SMK Negeri 1 Karanganyar

Selanjutnya, ada SMKN 1 Karanganyar yang berdiri sejak tahun 1963. Sekolah ini mempunyai 6 kompetensi keahlian yaitu: Akuntansi Keuangan, Tata Busana, Manajemen Perkantoran, Bisnis Pemasaran, Usaha Perjalanan Wisata, Teknik Komputer Informatika. Psstt, SMK Karanganyar juga berprestasi di bidang akademik dengan meraih rata-rata nilai UTBK 532. Nggak kalah dengan SMA Negeri!

Alamat: Jl. Monginsidi No.1, Manggeh, Tegalgede, Kec. Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

8. SMK Negeri 1 Pengasih

Pengen kerja di bidang hospitality? Di SMKN 1 Pengasih aja! Selain jurusan Perhotelan, sekolah ini juga menyediakan bidang kompetensi lain, seperti: Akuntansi Keuangan, Tata Busana, Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran, Bisnis Pemasaran, dan Multimedia. Nggak cuma itu, beberapa alumni SMKN 1 Pengasih juga berhasil bekerja di kementerian dan lembaga pemerintahan.

Alamat: Jl. Kawijo No.11, Pengasih, Kec. Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

9. SMK Negeri 2 Temanggung

Punya passion masak? Pengen jadi wirausaha? Atau suka otak-atik komputer? SMKN 2 Temanggung punya jurusan yang bisa mewujudkan cita-cita kamu nih. Ada Akuntansi Keuangan Lembaga, Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran, Bisnis Daring Pemasaran, Tata Boga, serta Teknik Komputer dan Jaringan. Kualitas kurikulumnya juga nggak main-main, lho. Yuk, daftar!

Alamat: Jl. Kartini No. 34 B, RT.01 / RW.05, Jampirejo, Margorejo, Jampirejo, Kec. Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

10. SMK Negeri 48 Jakarta

Terakhir, kita bergeser ke ibukota tercinta alias Jakarta. SMKN 48 Jakarta menempati urutan kesepuluh SMK terbaik di Indonesia dengan jurusan Akuntansi Keuangan Lembaga, Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran, Bisnis Daring Pemasaran, Multimedia, dan Produksi Siaran Televisi. SMKN 48 Jakarta menerapkan model pembelajaran Teaching Factory di mana siswa seolah-olah bekerja di perusahaan nyata.

Alamat: Jl. Seruni Raya No.8, RW.14, Klender, Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Daftar 7 Kampus Terbaik di Kota Hujan Bogor

7 Kampus Terbaik di Kota Hujan Bogor — Bingung cari tempat kuliah di Bogor? Inilah deretan 7 kampus terbaik di Kota Hujan yang telah dirangkum oleh jasabuswisata.com. Deretan 7 kampus terbaik ini akan membantu anda, untuk menentukan langkah melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi yang ada di Bogor. Beberapa kampus terbaik ini telah kami rangkum untuk generasi penerus bangsa yang sedang kebingungan dalam memilih kampus untuk melanjutkan pendidikan di dunia perkuliahan.

Pastikan anda tidak salah memilih dalam menentukan tujuan, dikutip dari berbagai sumber, berikut rekomendasi 7 kampus terbaik ini:

Rekomendasi 7 Kampus Terbaik di Kota Hujan Bogor

1. IPB University

Institut Pertanian Bogor (IPB) atau IPB University, kampus ini sudah sekitar tahun 1963 yang lalu.

IPB University hingga saat ini terdiri dari 9 fakultas, di antaranya: Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Peternakan, Fakultas Kehutanan, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuab Alam, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, dan Fakultas Ekologi Manusia. 9 Fakultas itu terbagi menjadi 1 Sekolah Pascasarjana, 1 Sekolah Bisnis dan Program Diploma.

Adapun 5 tempat berlangsungnya Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di IPB Universitas, yakni Kampus IPB Gunung Gede, Kampus IPB Dramaga, Kampus IPB Cilibende, Kampus IPB Taman Kencana dan IPB Baranangsiang.

Baca Juga: Daftar 5 Fakultas Kedokteran Sepi Peminat di Indonesia

2. Universitas Pakuan

Universitas Pakuan (Unpak) Bogor terletak di Jalan Pakuan, Tegallega, Kota Bogor, Jawa Barat dan sudah berdiri sejak tahun 1980. Kampus swasta ini mempunyai 3 Program Studi, di antaranya: Sekolah Vokasi, Program Sarjana, dan Sekolah Pascasarjana.

Selain itu, Universitas Pakuan memiliki 6 fakultas yaitu, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) dan Fakultas Teknik.

Ini adalah salah satu kampus swasta yang bisa anda jadikan rekomendasi untuk melanjutkan pendidikan anda ke perguruan tinggi.

3. Universitas Ibn Khaldun

Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor adalah salah satu kampus Islam yang telah berdiri sejak 1961 di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Ibn Khaldun Bogor. Kampus ini memiliki konsistensi dalam melakukan perbaikan di beberapa bidang.Kampus ini memiliki 6 fakultas yang bisa anda pilih sesuai dengan keinginan anda, yaitu Fakultas Agama Islam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Kesehatan dan Fakultas Teknik dan Sains.

4. Universitas Djuanda

Universitas Djuanda atau Unida sudah berdiri sejak 21 Maret 1987. Kampus ini terletak di daerah Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kampus ini memiliki Program Sarjana (S1) dengan 7 Fakultas dan 16 Program Studi serta Program Magister (S2) Hukum, Administrasi Publik dan Teknologi Pangan. Fakultas Program Sarjana yaitu, Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Pangan Halal, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi Islam.

5. Universitas Nusa Bangsa (UNB)

Universitas Nusa Bangsa atau UNB telah berdiri sejak tahun 1987 oleh Yayasan Pengembangan Keterampilan dan Mutu Kehidupan (PKMK) Nusantara yang berkedudukan di Jakarta. Kampus ini terletak di Jalan KH. Sholeh Iskandar Km.4 Cimanggu, Kota Bogor, Jawa Barat. Program Sarjana UNB terdiri dari Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi, Fakultas MIPA dan Fakultas Kehutanan. Untuk Program Pascasarjana terdiri dari Ilmu Ekonomi dengan jurusan Pengembangan Daerah, Ekonomi Sumber Daya dan Ekonomi Kehutanan.

6. Universitas Terbuka Bogor

Universita Terbuka atau UT salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang diresmikan oleh Presiden Soeharto berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 41 tahun 1984. UT adalah kampus yang melakukan KBM menggunakan sistem kuliah online. UT Bogor merupakan salah satu Uint Pembelajaran Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) yang membawahi beberapa Kota/Kabupaten yaitu Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kota Depok, Kota Bogor, dan Kabupaten Bogor. Kampus ini terletak di Jalan KH. Sholeh Iskandar No.234, Kota Bogor, Jawa Barat. Kampus ini memiliki Program Sarjana dan Pascasarjana. Beberapa Fakultas untuk S1 yaitu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Fakultas Ekonomi (FEKON), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Untuk Program Pacasarjana terdiri dari Magister Manajemen, Magister Administrasi Publik, Magister Manajemen, Magister Pendidikan Matematika, Magister Manajemen Perikanan, Magister Pendidikan Dasar, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Manajemen Pendidikan slot server kamboja.

7. Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kesatuan

Institut Bisnis dan Informatika atau IBI dan lebih dikenal sebagai STIE Kesatuan. Kampus yang berada di Kota Bogor tepatnya di Jl. Ranggagading No.01, Kota Bogor, Jawa Barat. Kampus ini memiliki Program Vokasional dan Program Studi Sarjana yaitu, Fakultas Bisnis dan Fakultas Pariwisata dan Informatika bisa jadi pilihan. Untuk Program Vokasi terdiri dari Akuntansi, Perbankan dan Keuangan, dan Manajemen Pemasaran. Program Studi Akuntansi S1 dan D3 Keuangan dan Perbankan sudah terakreditasi A.

Semoga deretan kampus terbaik di Bogor ini akan memberi solusi kepada anda calon mahasiswa dan mahasiswi yang sedang mencari tempat kuliah di Kota Hujan.

Demikian ulasan seputar 7 kampus terbaik yang telah kami rangkum, artikel ini akan membantu anda yang sedang mencari tempat kuliah yang tepat.

5 Madrasah Aliyah Negeri dan Swasta Terbaik di DKI Jakarta

Madrasah Aliyah Negeri dan Swasta Terbaik – Berikut adalah 5 Madrasah Aliyah (MA) negeri dan swasta terbaik di DKI Jakarta yang masuk Top 1000 sekolah versi LTMPT.

Data ini dapat dijadikan referensi PPDB 2022 bagi siswa kelas 9 dan orang tua.

Dari situs LTMPT, ada 1000 SMA terbaik di Indonesia berdasarkan hasil Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021. Di DKI Jakarta ada 5 Madrasah Aliyah baik negeri dan swasta.

Bagi orang tua roulette online live yang ingin memasukan anaknya ke Madrasah Aliyah terbaik di DKI Jakarta, wajib melakukan pengecekan di akhir artikel ini.

Berikut adalah 5 Madrasah Aliyah baik negeri dan swasta terbaik di DKI Jakarta sebagaimana dilansir Seputarlampung.com dari situs LTMPT Kemdikbud tahun 2021, yakni:

Update terbaru dari situs resmi LTMPT.

1. MAN 4 Jakarta – Skor: 539,913

Dalam skala nasional versi LTMPT berada di rangking 379

Alamat: Jl. Ciputat Raya No.5 RT.5 / RW.8, Pd. Pinang Kec.Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.
Kode pos: 12310
Telp: (021) 7690283

2. MAN 13 Jakarta – Skor: 531,315

Dalam skala nasional versi LTMPT berada di rangking 504

Alamat: Jl. Syukur RT.1/RW.8, Lenteng Agung, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.
Kode pos: 12610
Telp: (021) 78886355

3. MAN 7 Jakarta – Skor: 520,815

Dalam skala nasional versi LTMPT berada di rangking 736

Alamat: Jl. Binawarga 99 Kp. Kalibata Srengsen Sawah Jagakarsa, Jakarta Selatan.
Telp: (021) 7864201
Email: man7jakarta@gmail.com

Baca Juga: Rekomendasi 5 SMP Terbaik di Jakarta Timur 2023

4. MAS Pembangunan UIN – Skor: 519,748

Dalam skala nasional versi LTMPT berada di rangking 766

Alamat: Jl. Ibnu Taimia IV Komplek UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Tangerang Selatan, Banten.
Kode pos: 15419
Telp: (021) 7402172
Email: humas@mpuin-jkt.sch.id

5. MAN 2 Jakarta – Skor: 513,237

Dalam skala nasional versi LTMPT berada di rangking 962

Alamat: Jl. Pengantin Ali No.112 Kel. Ciracas Kec. Ciracas Jakarta Timur.
Kode pos: 13740
Telp: (021) 8408979
Email: man2jakartatimur@gmail.com

Itulah daftar 5 Madrasah Aliyah (MA) terbaik di DKI Jakarta, dilansir dari laman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Kemdikbud Tahun 2021.

Daftar 5 Fakultas Kedokteran Sepi Peminat di Indonesia

Fakultas Kedokteran Sepi Peminat – Tak segala fakultas kedokteran di Indonesia mempunyai peminat yang tinggi, tetapi ada sebagian fakultas kedokteran yang kurang diminati sehingga jarang orang mengetahuinya. Walaupun banyak penggemar akan mengurangi kans Anda untuk lolos dari kompetisi yang ketat. Tetapi, jikalau Anda benar-benar berprofesi keras, ada kemungkinan besar Anda akan lulus dari pengajaran yang Anda minati.

Baca Juga: 6 Beasiswa Pertukaran Pelajar ke Luar Negeri 2023 Untuk Siswa-Mahasiswa

Memasuki akhir SMA, siswa lazimnya dihadapkan pada pemilihan jurusan via undangan atau lazim disebut SNMPTN. Tentunya kebanyakan orang akan mengambil universitas seperti Unpad, Undip, dan sebagainya. Melainkan asalkan Anda tahu bahwa kompetisi itu gampang. Apalagi bagi Anda yang mempunyai cita-cita menjadi seorang dokter. Menyenangi memilih alternatif medis yang kurang diminati di SNMPTN apakah itu alternatif pertama atau kedua.

Tentu saja prosentase alternatif kedua tak sebesar alternatif pertama sehingga diperlukan keputusan terbaik dari Anda. Jadi, pilihlah Fakultas Kedokteran yang gampang disusupi supaya tak kebingungan berharap kuliah dimana. Kami memberi rekomendasi sebagian tutorial medis terbaik di Indonesia yang dapat menjadi acuan bagi Anda yang berkeinginan belajar.

Ini 5 Fakultas Kedokteran yang Kurang Peminat :

5 Fakultas Kedokteran dengan Peminat Sedikit di Indonesia

1. Fakultas Kedokteran Universitas Khairun (FK Unkhair)

FK Unkhair terletak di kota Ternate, Maluku Utara. Unkhair Medicine adalah salah satu perguruan tinggi kedokteran terbaik di Indonesia Timur. Berdasarkan data SNMPTN 2018, jumlah calon mahasiswa baru mencapai 105 peserta dengan 12 peserta.

Selain fakultas kedokteran, FK Unkhair juga memiliki beberapa program sarjana seperti Fakultas Hukum, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Perikanan dan Fakultas Ilmu Budaya. Ilmu Kelautan, dan Fakultas Teknik. Bagi anda yang berminat kuliah di Kedokteran Unkhair, silahkan lihat syarat dan cara pendaftarannya di website resmi FK Unkhair.

2. Fakultas Kedokteran Universitas Cenderawasih (FK Uncen)

[FK UNCEN adalah universitas kedokteran yang terletak di Indonesia Timur, yaitu di Papua. Berdasarkan data SNMPTN 2018, peminat FK UNCEN sebanyak 338 orang dengan kuota penerimaan 13 orang. Hal ini membuat FK UNCEN terus meningkatkan kualitas sistem pendidikannya setiap tahunnya.

[Prodi Kedokteran Cenderawasih terbagi menjadi 1 prodi dan 2 prodi, yaitu Prodi Kedokteran Umum dan Prodi Pendidikan Keperawatan.

3. Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura (FK Unpatti)

[FK Unpatti adalah salah satu klinik kesehatan terbaik yang ada di Ambon, Maluku. Tercatat pada SNMPTN 2018 jumlah pendaftar dari FK Unpatti sebanyak 351 orang dengan daya tampung 30 orang. Kedokteran Unpatti terus meningkatkan kualitas pendidikan dengan pernyataan di situsnya “Sebagai Pusat Pengembangan Pendidikan Kedokteran Berorientasi Lingkungan Pulau Laut.

4, Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya

[FK UPR terletak di Kota Palangkaraya Raya, Kalimantan Tengah. Berdasarkan data SNMPTN 2018, jumlah pendaftar FK UPR sebanyak 372 orang dengan daya tampung 15 orang. Bagi Anda yang ingin kuliah kedokteran khususnya di Kalimantan, FK UPR bisa menjadi pilihan.

5. Fakultas Kedokteran Universitas Bengkulu (FK UNIB)

[Fakta bahwa Fakultas Kedokteran Universitas Bengkulu atau akrab disapa FK UNIB adalah sebuah hukum yang terletak di Kota Bengkulu. Berdasarkan data SNMPTN 2018, peminat FK UNIB sebanyak 431 orang dengan kapasitas 15 orang. Jika Anda berada di Bengkulu tidak perlu jauh-jauh untuk kuliah kedokteran, FK UNIB bisa menjadi salah satu pilihan Anda jika ingin menjadi seorang dokter.

6 Beasiswa Pertukaran Pelajar ke Luar Negeri 2023 Untuk Siswa-Mahasiswa

Beasiswa Pertukaran Pelajar ke Luar Negeri – Kesempatan untuk menuntut ilmu dengan beasiswa pendidikan ke luar negeri semakin terbuka lebar bagi pelajar Indonesia.

Banyak program beasiswa yang diberikan oleh pemerintah dan yayasan luar negeri guna membantu mencerdaskan anak bangsa, menjalin kerja sama antar negara, dan mendukung generasi muda yang profesional dengan ilmu yang mumpuni.

Program beasiswa yang diberikan mulai jenjang SMA sederajat, S1, S2, hingga S3. Setiap negara juga memberikan cakupan beasiswa yang berbeda-beda.

Baca juga: 10 Kampus Terbaik di Malang Versi Unirank 2022, Ada UB-Universitas Kanjuruhan

Ada yang memberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan dan kepemimpinan di negara lain, kesempatan magang untuk beberapa bulan, kursus pendek, hingga melanjutkan pendidikan Sarjana dan Magister.

Bagi kamu siswa maupun mahasiswa yang berencana ingin menikmati pendidikan di luar negeri, kamu bisa mencoba beberapa beasiswa pertukaran pelajar yang masih tersedia hingga akhir tahun. Berikut sejumlah program beasiswa ke luar negeri, dilansir dari laman Instagram Bimbingan Studi ke Luar Negeri Schoters Indonesia.

1. Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (YES), Amerika Serikat

Program beasiswa ini dikhususkan bagi siswa SMA, SMK, MA sederajat untuk mengalami pendidikan di Amerika Serikat selama satu tahun pada tahun ajaran 2023/2024.

Program YES ini memberikan kesempatan kepada siswa aktif dan berprestasi, baik akademik maupun non-akademik, berasal dari keluarga dengan ekonomi terbatas, siswa difabel (tunanetra, tuna rungu, tuna wicara, tuna daksa, dan tuna daksa), dan siswa dari daerah luar Jawa.

Peserta akan diberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan dan kepemimpinan. Siswa juga diharapkan menjadi duta perdamaian dan persahabatan antara Indonesia dengan AS, dengan menjembatani masyarakat Amerika Serikat untuk lebih mengenal tentang Indonesia, termasuk kehidupan dan kebudayaannya.

Peserta yang terpilih akan tinggal di AS selama satu tahun dalam menjalankan program ini untuk menimba ilmu dengan bersekolah di SMA setempat.

Mereka akan diberikan pembebasan biaya visa ke AS, biaya perjalanan internasional dari negara asal, perjalanan domestik, penempatan di tempat keluarga angkat di AS, masa orientasi, program pengembangan diri, asuransi kesehatan, dan tunjangan bulanan.

Batas waktu pendaftaran sampai 18 September 2022.

2. Orange Knowledge Program Short Courses, Belanda

Bagi kamu yang tertarik melanjutkan pendidikan S2 atau ingin mengikuti program kursus singkat di Belanda, kamu dapat mencoba program ini.

Beasiswa ini di danai oleh Kementerian Luar Negeri Belanda untuk para profesional dan organisasi yang ingin meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka.

Beasiswa untuk program kursus singkat (short courses) tersedia untuk pilihan durasi kursus dalam jangka pendek yakni selama satu minggu sampai 12 bulan. Sementara itu, program S2 berdurasi satu sampai dua tahun. Program tersebut dilaksanakan dengan full-time.

Beasiswa bergengsi ini memiliki proses seleksi yang kompetitif untuk mencari profesional yang terbukti memiliki keterampilan dan pengetahuan dari pengalaman yang didapat saat bekerja di sebuah organisasi.

Manfaat beasiswa yang diberikan berupa biaya pendidikan, biaya perjalanan, biaya visa, asuransi kesehatan, dan biaya tempat tinggal.

Batas waktu pendaftaran pada 11 Oktober 2022

3. International Winter School Hanyang Ambassador Scholarship, Korea

Ini merupakan salah satu program beasiswa pada musim dingin terkemuka di Korea. Beasiswa ini diberikan kepada siswa yang berbakat dalam bidang fotografi dan pembuatan film. Kandidat yang terpilih akan diberikan beasiswa kuliah penuh sampai selesai.

Batas waktu pendaftaran pada 21 Oktober 2022

4. Fulbright Visiting Scholar Program, Amerika Serikat

Program ini memberikan kesempatan bagi akademisi dan profesional Indonesia yang memiliki gelar doktor atau setara untuk mengembangkan atau memperbarui penelitian mereka dengan peneliti-peneliti terkemuka di universitas yang terakreditasi, lembaga penelitian publik atau swasta di Amerika.

Program ini dilaksanakan selama tiga sampai enam bulan. Mereka yang lolos mengikuti program ini harus memiliki jadwal perjalanan fleksibel dan berhubungan dekat dengan host institution di Amerika Serikat.

Cakupan beasiswa yang diberikan berupa tunjangan bulanan, tiket pesawat kelas ekonomi penerbangan langsung pulang pergi, tunjangan profesional dan menetap, laboratorium universitas, dan biaya penelitian.

Batas waktu pendaftaran pada 1 November 2022

5. Winter Korea Cultural Camp, Korea

Beasiswa ini diberikan bagi pelajar atau kaum remaja berusia 15 hingga 40 tahun, yang ingin mengalami budaya dan pengalaman hidup yang berbeda di kota Seoul, Korea dengan perpaduan zaman modernitas dan tradisi oriental.

Beasiswa ini diberikan pada musim dingin mendatang, dengan durasi waktu yang cukup pendek. Adapun tujuan pemberian beasiswa ini untuk memberikan pemahaman siswa internsaional tentang Republik Korea Selatan.

Oleh karena itu, akademi ASEAN Youth Friendship Network (AYFN) menawarkan program pembelajaran budaya Korea yang sangat berharga. Selain itu, program ini juga untuk menginspirasi generasi muda untuk membuka pikiran mereka terhadap budaya lain dan menyadari pentingnya belajar bahasa.

Harapannya, banyak siswa internasional semakin mengetahui dengan lebih baik budaya tentang Korea dan menggunakan bahasa Korea.

Program ini akan menggabungkan pelatihan bahasa Korea dengan kegiatan sehari-hari dan wisata budaya untuk meningkatkan pengalaman berbahasa Korea. Ini terbuka untuk siswa/pemuda internasional dengan tingkat kemampuan bahasa Korea apa pun.

Kandidat yang terpilih akan tinggal selama enam hari di Seoul, mengikuti kelas bahasa Korea, mempelajari dan memahami budaya Korea secara langsung, jalan kaki di sekitar Seoul, mengalami tradisi lokal, pembelajaran eksperimental, dan e-sertifikat sebagai partisipasi dari AYFN.

Cakupan beasiswa yang diberikan yakni pembebasan biaya perjalanan dan selama biaya selama program tersebut berlangsung.

Batas waktu pendaftaran pada 1 November 2022

6. Global Undergraduate Exchange Program, Amerika Serikat

Program ini diberikan kepada berbagai kelompok pemimpin mahasiswa baru untuk mendapat beasiswa selama satu semester menjalani studi akademik non-gelar di perguruan tinggi atau universitas AS.

Ini merupakan program dari Biro Pendidikan dan Kebudayaan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, yang bertujuan untuk merekrut peserta dari latar belakang kurang terwakili yang tidak memiliki kesempatan untuk belajar di Amerika Serikat (AS).

Pelamar yang berhasil dapat mendalami budaya, masyarakat, institusi akademik AS, dan peluang untuk meningkatkan keterampilan profesional mereka. Maka, peserta yang lulus akan diberikan kesempatan mengambil satu jenis kursus di AS

Dengan demikian, mereka semakin memahami budaya yang ada di AS. Mereka akan tinggal di perumahan kampus dengan rekan-rekan Amerika dan berpartisipasi dalam dua puluh jam pelayanan bermasyarakat.

Cakupan beasiswa yang diberikan berupa pembebasan biaya perjalanan internasional, biaya kuliah, kamar dan makan, asuransi kecelakaan/sakit, tunjangan bulanan, dan biaya buku.

Batas waktu pendaftaran pada 31 Desember 2022.

Rekomendasi 5 SMP Terbaik di Jakarta Timur 2023

SMP Terbaik di Jakarta Timur – Selain SMP Negeri 49 Jakarta Timur, berikut daftar 5 SMP terbaik di Jakarta Timur sebagai pilihan orang tua dan siswa untuk daftar PPDB tahun 2023.

Kota Jakarta Timur adalah nama sebuah kota administrasi di bagian Timur DKI Jakarta, Indonesia. Pusat pemerintahannya berada di kecamatan Cakung, yakni di sebelah Utara, Jakarta Timur berbatasan dengan kota administrasi Jakarta Utara dan Jakarta Pusat.

Perlu diketahui, Jakarta Timur merupakan wilayah administratif paling besar dan luas dibandingkan dengan Jakarta lainnya.

Jakarta Timur membentang mulai dari utara bersanding dengan Marunda, sampai Selatan yang bersanding dengan Jagakarsa dan sekitarnya.

Baca Juga: 10 SMA Terbaik di Malang, Ada yang Masuk 10 Besar Terbaik se-Jatim

Selain itu, Jakarta Timur memiliki fasilitas publik lebih baik dibandingkan lainnya, yakni mulai dari transportasi, kesehatan dan pendidikan.

Pada moda transportasi, mulai dari kereta ada stasiun Jatinegara sebagai stasiun yang aksesnya sampai ke Cikarang, tapi juga sebagai stasiun kereta api antar provinsi yang datang dari luar Jabodetabek.

Tempat yang strategis membuat orang tua yakin bahwa pendidikan di wilayah Kota Jakarta Timur memiliki fasilitas lengkap dan mutu pendidikan terjamin.

Sebagai orang tua harus memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak-anaknya dengan menyekolahkan anak mulai dari SD, SMP dan SMA hingga Perguruan Tinggi.

Perlu diketahui, daftar raja sgp toto SMP Negeri terbaik di Kota Jakarta Timur 2023 ini, diambil dari data nilai UN hanya sampai 2019, karena dalam 2 tahun terakhir UN ditiadakan.

Dilansir jasabuswisata.com dari kemdikbud.go.id, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memutuskan untuk meniadakan ujian nasional (UN) dan ujian kesetaraan di tahun 2021.

Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Selain itu, daftar SMP Negeri terbaik di Kota Jakarta Timur diharapkan mampu menjadi referensi siswa dan orang tua dalam memilih sekolah saat PPDB 2023 sudah dibuka.

Orang tua dan siswa bisa mempersiapkan diri untuk mendaftar dan memilih Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri terbaik di daerahnya.

Jika menilik dari Puspendik Kemdikbud, SMP Negeri 255 Jakarta Timur masuk kedalam sekolah teratas dan terbaik untuk wilayah Kota Jakarta Timur, yakni berdasarkan data nilai UN 2019.

Pada posisi ketiga, ada SMP Negeri 9 Jakarta Timur yang memperoleh skor rerata nilai UN 2019 sebesar 89,76.

Melihat semakin berkembangnya wilayah Kota Jakarta Timur di bidang pendidikan, para orang tua sangat perlu menentukan SMP dengan kualitas terbaik dan mutu pendidikan nomor satu di wilayah tersebut agar siswa/siswi berprestasi.

Daftar 5 SMP Terbaik di Jakarta Timur 2023

1. SMP Negeri 255 Jakarta Timur

  • Total rata-rata UN: 92,06

2. SMP Negeri 49 Jakarta Timur

  • Total rata-rata UN: 90,57

3. SMP Negeri 9 Jakarta Timur

  • Total rata-rata UN: 89,76

4. SMP Negeri 99 Jakarta Timur

  • Total rata-rata UN: 85,76

5. SMP Negeri 252 Jakarta Timur

  • Total rata-rata UN: 86,16

Demikian, ulasan mengenai SMP terbaik di wilayah Kota Jakarta Timur berdasarkan rerata nilai UN 2020 bisa dijadikan referensi saat mendaftar PPDB 2023.

10 SMA Terbaik di Malang, Ada yang Masuk 10 Besar Terbaik se-Jatim

10 SMA Terbaik di Malang – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) merilis daftar 1.000 SMA terbaik tahun 2020 di website resminya, https://top-1000-sekolah.ltmpt.ac.id/.

Adapun daftar peringkat tersebut dilakukan berdasarkan nilai rata-rata tes potensi skolastik (TPS) UTBK dari peserta ujian tahun 2020.
Adapun rerata TPS tertinggi peserta ujian UTBK 2020 yaitu 681,885. Sedangkan rerata TPS terendah yaitu 353,725.

Kalian dapat melihat daftar SMA terbaik di Malang melalui situs resmi LTMPT.

Baca juga: 10 Jurusan SMK Sangat Menjanjikan, Lulus Cepat Dapat Kerja!

SMA Terbaik di Malang

1. SMAN 3

2. SMAS K Kolese ST Yusup

3. SMAN 1

4. MAN 2 Kota Malang

5. SMAN 4

6. SMAS Katolik ST Albertus

7. SMAN 5

8. SMAN 1 Lawang

9. SMAN 1 Kepanjen

10. SMAN Taruna Nala Jawa Timur

SMAN 3 Malang menempati peringkat 4 sebagai SMA terbaik di Jawa Timur. Sedangkan untuk peringkat 5 diraih oleh SMAS K Kolese ST Yusup. Tak hanya itu peringkat 7 dan 8 juga diraih oleh SMA di Malang yaitu SMAN 1 urutan ke 7 dan urutan ke 8 oleh MAN 2 Kota Malang.

SMAN Terbaik di Malang

1. SMAN 3, dengan rerata 574,806

2. SMAN 1, dengan rerata 569,392

3. SMAN 4, dengan rerata 553,764

4. SMAN 5, dengan rerata 547,075

5. SMAN 1 Lawang, dengan rerata 543,087

6. SMAN 1 Kepanjen, dengan rerata 542,618

7. SMAN Taruna Nala Jawa Timur, dengan rerata 541,971

8. SMAN 8, dengan rerata 538,409

9. SMAN 9, dengan rerata 531,018

10. SMAN 2, dengan rerata 527,602

SMAS Terbaik di Malang

1. SMAS K Kolese St Yusup, dengan rerata 574,527

2. SMAS Katolik St Albertus, dengan rerata 549,435

3. SMA Islam Sabililah, dengan rerata 535,926

4. SMAS Katolik Santa Maria, dengan rerata 528,049

5. SMAS AR Rohmah Dau, dengan rerata 526,184

6. SMAS Katolik Cor Yesu, dengan rerata 523,693

7. SMA Tazki IIBS, dengan rerata 522,458

8. SMAS Ar-Rohmah Putri Boarding School Dau, dengan rerata 521

9. SMAS Brawijaya Smart School, dengan rerata 510,989

10. SMAS Laboratorium UM, dengan rerata 510,71

Bagaimana kawan, apakah dari daftar SMA terbaik di Malang, ada yang menjadi incaran kalian?

10 Kampus Terbaik di Malang Versi Unirank 2022, Ada UB-Universitas Kanjuruhan

10 Kampus Terbaik di Malang – Universitas Brawijaya (UB) hingga Universitas Kanjuruhan Malang berhasil masuk dalam pemeringkatan 4 International College and Universities (4ICU) UniRank 2022.

Dalam Unirank 2022, terdapat 582 perguruan tinggi Indonesia yang dinilai sesuai dengan kriteria baik perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS).

Dari jumlah tersebut, 15 kampus yang ada di Malang, Jawa Timur berhasil masuk peringkat. Kampus-kampus tersebut dinggap telah diakui dan mendapatkan lisensi atau akreditasi.

Baca juga: 6 Pilihan Fakultas Sisfo Universitas PGRI Palembang Terbaik

Selain itu, kampus juga telah menawarkan setidaknya gelar sarjana empat tahun (gelar sarjana) atau gelar pascasarjana (gelar master atau doktor).

Kampus juga telah menggelar kuliah terutama dalam format pendidikan tradisional, tatap muka, maupun jarak jauh atau online.

Untuk melihat peringkat lengkap kampus terbaik yang ada di Malang versi UniRank 2022, berikut ini daftarnya dikutip dari laman https://www.4icu.org/id/.

10 Kampus Terbaik di Malang Versi Unirank 2022:

1. Universitas Brawijaya (UB)

  • Peringkat nasional: 3

2. Universitas Negeri Malang (UM)

  • Peringkat nasional: 20

3. Universitas Muhammadiyah Malang (UM Malang)

  • Peringkat nasional: 23

4. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

  • Peringkat nasional: 40

5. Universitas Islam Malang

  • Peringkat nasional: 48

6. Universitas Merdeka Malang

  • Peringkat nasional: 92

7. Universitas Tribhuwana Tungga Dewi

  • Peringkat nasional: 170

8. Universitas Kanjuruhan Malang (Ukama)

  • Peringkat nasional: 184

9. Institut Teknologi Nasional Malang

  • Peringkat nasional: 203

10. Universitas Ma Chung Malang

  • Peringkat nasional: 216

Itulah daftar  kampus terbaik di Malang versi UniRank 2022. Apakah ada kampus tujuanmu?

10 Jurusan SMK Sangat Menjanjikan, Lulus Cepat Dapat Kerja!

10 Jurusan SMK Sangat Menjanjikan – Bagi kau yang ingin cepat kerja usai lulus sekolah, memilih Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah pilihan yang tepat. Beberapa jurusan di SMK menjanjikan pekerjaan di masa depan.

Dikutip dari jasabuswisata.com, siswa yang bersekolah di SMK lebih banyak mempelajari praktik dibandingkan dengan teori. Porsi untuk praktik sebesar 60 persen sedangkan untuk teori hanya 40 persen saja.

Hal ini diterapkan karena lulusan SMK memang dipersiapkan untuk memiliki bekal pengetahuan di dunia kerja. Dengan modal keahlian ini, para lulusan SMK akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan.

Dikutip dari laman BPK Penabur (23/10/2022) ada beberapa jurusan SMK yang menjanjikan di masa depan dan tentunya bisa jadi pilihan.

10 Jurusan SMK Menjanjikan

1. Administrasi Perkantoran

Siswa SMK yang mengambil jurusan Administrasi Perkantoran akan mempelajari banyak hal terkait administrasi di lingkungan kantor.

Materi pembelajarannya antara lain penataan surat menyurat, pengetikan dokumen hingga pengelolaan arsip kantor. Jurusan ini cocok jadi pilihan untuk kamu yang teliti.

Baca Juga: Daftar 10 SMA Terbaik di Medan 2022, Peringkat 1 Swasta atau Negeri?

2. Akuntansi

Lulusan SMK jurusan akuntansi menjadi salah satu yang paling banyak dicari. Proses pembelajaran di jurusan ini banyak mengulas berbagai bentuk transaksi keuangan, seperti mencatat, mengelola hingga menyajikan data. Terkadang lulusan SMK jurusan Akuntansi bisa bersaing dengan lulusan perguruan tinggi.

3. Bisnis dan Pemasaran

Tak bisa dipungkiri, semua bidang usaha pasti butuh ilmu bisnis dan pemasaran untuk mengembangkannya. Dengan mengambil jurusan Bisnis dan Pemasaran maka bisa mempelajari teknik mengelola bisnis online, penataan dan inovasi produk, marketing hingga administrasi transaksi.

4. Animasi

Perkembangan teknologi yang semakin pesat menjadikan animasi dianggap sebagai salah satu produk yang penting. Tak ada salahnya mengambil jurusan Animasi.

Apalagi saat ini animasi juga sering digunakan dalam dunia marketing karena dianggap menarik dan lebih mudah dicerna masyarakat

5. Broadcasting

Jurusan satu ini cocok buat kamu yang punya tingkat percaya diri tinggi. Sekarang bukan hanya industri TV dan siaran radio yang membutuhkan penyiar, karena kamu juga bisa menjadi staff YouTuber terkenal.

6. Rekayasa Perangkat Lunak

Siswa SMK di jurusan ini kamu akan belajar semua cara pengembangan perangkat lunak. Termasuk pembuatan, pemeliharaan, pengembangan dan manajemen kualitas.

Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) juga berkaitan dengan pembuatan aplikasi, website dan semua yang bersinggungan dengan pemrograman komputer.

7. Desain Grafis/Multimedia

Orang yang memiliki keterampilan desain grafis dan multimedia termasuk yang dibutuhkan saat ini. Di jurusan ini akan mempelajari cara membuat teks, video hingga animasi menggunakan berbagai software design. Lulusan desain grafis juga berpotensi memiliki penghasilan yang besar, lho.

8. Pariwisata

Dunia pariwisata yang terus menggeliat tentu harus diimbangi dengan SDM yang mumpuni di bidangnya. Para lulusan SMK di jurusan pariwisata dapat berkontribusi dalam mendukung sektor pariwisata.

Selain itu, mereka juga didorong menciptakan lapangan kerja sendiri di dunia pariwisata. Kamu akan mempelajari bahasa asing, pelayanan, hingga informasi objek wisata. Apalagi ditambah, bidang pekerjaan di dunia pariwisata juga terlihat menyenangkan.

9. Tata Busana

Punya ketertarikan dalam dunia fashion? Coba pilih jurusan Tata Busana. Di sini siswa dapat mengasah keterampilan dalam mendesain pakaian dan menjualnya ke pasaran.

Kamu akan belajar cara membuat pola, bahan-bahan tekstil dan juga teknik menjahit. Para lulusan SMK juga bisa jadi desainer terkenal.

10. Analis Kimia

Jurusan Analis Kimia akan belajar berbagai hal tentang ilmu kimia, baik kimia murni maupun terapan. Siswa akan mempelajari tentang laboratorium kimia, alat industri, operasi teknik dan banyak lainnya.

Lulusan jurusan ini bisa bekerja sebagai staf laboratorium, analis mikrobiologi hingga quality control di perusahaan farmasi maupun pemerintah.

Itulah beberapa jurusan SMK yang menjanjikan di masa depan. Apa jurusan incaranmu?

6 Pilihan Fakultas Sisfo Universitas PGRI Palembang Terbaik

Fakultas Sisfo Universitas PGRI Palembang adalah salah satu kampus favorit calon mahasiswa baru di Sumatera Selatan. Lokasinya berada di Jl. Jenderal Ahmad Yani Lorong Gotong Royong 910, Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia. Setiap tahunnya, kampus ini selalu ramai dipadati calon mahasiswa baru. Sebagai informasi umum, Universitas PGRI Palembang berdiri pada tanggal 31 Agustus 1980.

Baca Juga: Daftar 5 Kampus Terbaik Di Medan Versi 4ICU

Meski Sisfo Universitas PGRI Palembang itu populer, namun ternyata tidak semua orang mengenal fakultas ini dengan baik. Maka dari itu supaya tahu apa saja pilihan fakultas yang tersedia di sini, yuk simak pembahasan selengkapnya di sini!

Macam-Macam Fakultas Sisfo Universitas PGRI Palembang

Sisfo Universitas PGRI Palembang menyediakan berbagai jurusan. Tidak hanya berkaitan dengan keguruan atau pendidikan. Seiring perkembangannya, perguruan tinggi swasta ini kini memiliki program studi pasca sarjana. Berikut Fakultas serta jurusan yang ada di Universitas PGRI Palembang.

1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan

Sebelumnya Sisfo Universitas PGRI Palembang adalah STKIP PGRI Palembang. Mulai beroperasi tahun 1984, kemudian pada tahun 2000 berubah menjadi Universitas PGRI Palembang.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan adalah fokus bidang ilmu yang diberikan. Sesuai visi dan misi utama Universitas. Terdiri dari 5 jurusan dan 8 program studi. Dilengkapi fasilitas olahraga, kesehatan, kerohanian serta ruang kegiatan mahasiswa.

2. Fakultas Ekonomi

Menyediakan 2 jurusan yaitu manajemen dan akuntansi. Pada awal berdirinya yaitu tahun 2000, berlokasi di lantai 2 gedung rektorat. Kemudian pada tahun 2004 pindah menempati gedung D dan F Fakultas. Lalu dari tahun 2012 hingga kini menempati gedung G lantai 4.

Visi kedepan Fakultas adalah menjadi penyelenggara pendidikan unggul di bidang ekonomi dan bisnis. Dengan misi meningkatkan fasilitas bagi slot mahjong semua civitas akademika secara berkelanjutan. Sehingga menghasilkan lulusan siap kerja di masa depan.

3. Fakultas Teknik

Menjadi unggul dan berdaya adalah visi misi Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang. Untuk tujuan tersebut Fakultas mendorong mahasiswa untuk dapat lulus tepat waktu serta memiliki kompetensi untuk masuk dunia kerja.

Membuka jurusan Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Kimia dan yang terbaru adalah Teknologi Informasi. Mengikuti tren perkembangan jaman, Fakultas membekali mahasiswa dengan ilmu pengetahuan berbasis teknologi.

4. Fakultas MIPA

Sisfo Universitas PGRI Palembang juga membuka Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan. Menyediakan 2 jurusan yaitu Biologi dan Fisika. Area kampus lengkap dengan fasilitas berupa laboratorium serta perpustakaan.

Fakultas MIPA bekerja sama dengan pihak universitas memberikan beasiswa sebagai bentuk dukungan kepada mahasiswa. Setiap mahasiswa dapat mendaftar sebagai penerima beasiswa melalui jurusan masing-masing.

5. Fakultas Perikanan

Fakultas perikanan menyediakan 2 program studi jenjang Diploma III serta Strata 1. Yaitu D-III Budidaya perikanan dan S1 Ilmu perikanan. Meski hanya menyediakan 2 jurusan, namun Fakultas ini cukup diminati karena kedua jurusannya merupakan disiplin ilmu aplikatif yang dapat langsung dipraktekkan setelah lulus. Terlebih lagi, fakultas juga memberikan fasilitas memadai yang sesuai standar perguruan tinggi sehingga menumbuhkan semangat mahasiswa dalam belajar.

6. Pasca Sarjana

Selain program Diploma III dan Sarjana, Universitas PGRI Palembang juga membuka program pasca sarjana. Terdiri dari 2 jurusan yaitu magister pendidikan Bahasa Inggris dan Magister Pendidikan Bahasa Indonesia.

Bagi calon mahasiswa yang tertarik masuk ke Universitas PGRI Palembang tahun ajaran 2023/2024. Untuk memantau informasi lengkap alur pendaftaran Sisfo universitas PGRI Palembang kamu bisa mengakses website Jasabuswisata.com.

Daftar 5 Kampus Terbaik Di Medan Versi 4ICU

Kampus Terbaik Di Medan – Kota Medan ialah ibu kota provinsi Sumatra Utara, Indonesia. Kota ini adalah kota terbesar ketiga di Indonesia sesudah DKI Jakarta serta Surabaya dan kota terbesar di luar pulau Jawa. Medan sebagai kota perdagangan, industri, serta bisnis yg sangat penting di Indonesia. di tahun 2020, kota Medan mempunyai penduduk sebesar dua.435.252 jiwa, serta kepadatan penduduk 9.522,22 jiwa. Selain itu banyak Kampus atau Universitas yang ada pada kota ini dan mendukung penuh untuk pendidikan pada kota ini, baik itu kampus Negeri maupun kampus swasta.

5 Kampus Terbaik Di Medan Versi 4ICU

Berikut ini ialah daftar 5 kampus terbaik di Medan versi 4ICU. Adapun penilaian ini kalian bisa melihatnya langsung pada situs resmi 4ICU antara lain sebagai berikut.

1. Universitas Sumatera Utara

Diposisi pertama Universitas Sumatera Utara, Universitas ini menduduki posisi pertama di kota medan tepat ny di provinsi Sumatera Utara dengan menduduki peringkat 27 (Indonesia) perinkat 1 (Sumatera Utara). Universitas Sumatera Utara memiliki beberapa fakultas antara lain :

  • Ekonomi dan Bisnis
  • Farmasi
  • Hukum
  • Ilmu Budaya
  • Ilmu Komputer dan teknologi Informasi
  • Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Kedokteran
  • Kedokteran Gigi
  • Kehutanan
  • Keperawatan
  • Kesehatan Masyarakat
  • Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Pertanian
  • Psikologi
  • Teknik
  • Pascasarjana

2. Universitas Medan Area

Lalu di posisi ke dua diduduki oleh Universitas Medan Area. Pada periode ini UMA berhasil meraih peringkat ke 2 se-Sumatera Utara dan memperoleh kampus swasta terbaik di Sumatera Utara, dengan menduduki peringkat 56 (Indonesia) dan peringkat 2 (Sumatera Utara). Universitas Medan Area memiliki 7 program sarjana, 4 program magister dan 1 program doktor, antara lain

Program Sarjana

  • Teknik
  • Pertanian
  • Ekonomi dan Bisnis
  • Hukum
  • Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Psikologi
  • Sain dan Teknologi

Program Magister

  • Magister Psikologi
  • Magister Hukum
  • Magister Administrasi Publik
  • Magister Agribisnis

Program Doktor

  • Ilmu Pertanian

3. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Dis posisi ketiga diduduki oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Kampus ini meraih peringkat ke 3 se -sumatera utara dan memperoleh peringkat 2 kampus swasta di Sumatera Utara, dengan posisi peringkat 59 (Indonesia) dan peringkat 3 (Sumatera Utara). universitas ini memiliki beberapa fakultas diantaranya.

  • Agama Islam
  • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Pertanian
  • Ekonomi
  • Hukum
  • Teknik
  • Kedokteran
  • Pascasarjana

Baca Juga: Daftar 6 Kampus Islam Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

4. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Lalu di posisi ke empat di duduki oleh Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Ditahun 2021 ini UINSU menduduki peringkat ke 4 se-Sumatera Utara dengan menduduki perigkat 62 (Indonesia) dan peringkat 4 (Sumatera Utara). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara memiliki bebrepa fakultas yaitu

  • Ilmu Sosial
  • Syariah dan Hukum
  • Sains dan Teknologi
  • Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
  • Ekonomi dan Bisnis Islam
  • Dakwah dan Komunikasi
  • Ushuluddin dan Studi Islam
  • Ilmu Kesehatan Masyarakat

5. Universitas Negeri Medan

Dan di posisi kelima diduduki oleh Universitas Negeri Medan. Kampus ini menduduki peringkat 69 (Indonesia) dan peringkat 5 (Sumatera Utara). di Universitas Negeri Medan dapat kita jumpai beberpa fakultas yaitu.

  • Ilmu Pendidikan
  • Bahasa dan Seni
  • Ilmu Sosial
  • Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Teknik
  • Ilmu Keolahragaan
  • Ekonomi
  • Pascasarjana

Itulah 5 kampus terbaik di medan versi 4ICU, kampus di atas adalah kampus terbaik yang ada di kota medan Sumatera Utara. pada masing-masing kampus memiliki kelebihannya sendiri. Data di atas di ambil dari sumber resmi 4ICU versi 2022.

Daftar 10 SMA Terbaik di Medan 2022, Peringkat 1 Swasta atau Negeri?

SMA Terbaik di Medan 2022 – Simak daftar peringkat 10 SMA terbaik di Medan dari daftar Top 1000 Sekolah yang telah dirilis oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

SMAS Methodist 3 Medan berhasil menjadi peringkat pertama SMA terbaik di Medan tahun 2022.

Peringkat tersebut diambil dari total 23.65 SMA peserta UTBK 2022 dengan nilai rerata tertinggi di Indonesia.

Sebagai catatan, pemeringkatan SMA terbaik ini hanyalah sebagian cara untuk memberi gambaran rangking nasional mengingat tidak semua siswa mengikuti UTBK 2022 tersebut.

Baca juga: Daftar 10 Pondok Pesantren Terbaik di Indonesia

Daftar 10 Besar Terbaik di Kota Dan Kabupaten Medan Menurut Nilai UTBK 2022

1. SMAS Methodist 3 Medan

Nilai total rata-rata UTBK 2022: 580,203
Ranking nasional: 98

2. SMAS Santo Thomas 1 Medan

Nilai total rata-rata UTBK 2022: 571,138
Ranking nasional: 126

3. SMAS Sutomo 1

Nilai total rata-rata UTBK 2022: 571,025
Ranking nasional: 128

4. SMA Sutomo 2

Nilai total rata-rata UTBK 2022: 561,219
Ranking nasional: 193

5. SMA Negeri 1 Medan

Nilai total rata-rata UTBK 2022: 547,702
Ranking nasional: 292

6. SMA Methodist 2 Medan

Nilai total rata-rata UTBK 2022: 540,762
Ranking nasional: 371

7. SMA Negeri 5 Medan

Nilai total rata-rata UTBK 2022: 530,585
Ranking nasional: 516

8. SMA Negeri 3 Medan

Nilai total rata-rata UTBK 2022: 529,189
Ranking nasional: 562

9. SMA Negeri 4 Medan

Nilai total rata-rata UTBK 2021: 527,261
Ranking nasional: 616

10. SMA Negeri 2 Medan

Nilai total rata-rata UTBK 2022: 516,512
Ranking nasional: 891

Demikian daftar 10 SMA terbaik di Kabupaten Medan versi LTMPT. Dengan memperhatikan peringkat tersebut, diharapkan nantinya calon siswa dan orang tua bisa mendapatkan gambaran ketika akan melanjutkan ke tingkat SMA.

Jasa Bus Wisata

Team kami telah bertahun-tahun link slot gacor berkecimpung dalam dunia pariwisata dengan jaringan luas yang terpercaya.

Harga Kompetitif

Dapatkan harga penawaran berbagai paket liburan terbaik dengan pelayanan yang bernilai dari seluruh team kami.

Reservasi Mudah

Proses reservasi yang sangat mudah dan cepat tanpa proses yang ribet dan menyusahkan.

Layanan Terbaik

Dapatkan kenyamanan lebih atas pelayanan terbaik yang kami berikan selama Anda berlibur bersama kami.

Perjalanan wisata atau liburan merupakan hal yang berkesan dan menyenangkan. Perjalanan yang aman dan nyaman akan memberikan pengaruh yang besar terhadap kesuksesan wisata atau liburan.

Untuk itu JasaBusWisata.com hadir menawarkan jasa penyedia bus pariwisata. Kami akan selalu berusaha dan berupaya untuk dapat memenuhi dan memberikan armada bus pariwisata sesuai dengan apa yang anda inginkan dan harapkan.

JasaBusWisata.com didukung oleh Slot777 Gacor armada dan sumber daya manusia yang berpengalaman, juga dengan harga yang kompetitif. Dengan ini akan menjadikan perjalanan anda menjadi lebih berkesan, menyenangkan dan tak terlupakan.

Visi

Menjadi Penyedia Jasa Tranportasi dan Layanan Wisata Terdepan dan Terpercaya di Indonesia

Misi

Menjaga dan Meningkatkan Kepercayaan kepada setiap konsumen
Mengutamakan kualitas pelayanan untuk dapat menciptakan dan meningkatkan kepuasan konsumen.
Menyediakan dan menawarkan solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan para konsumen

Kami memfokuskan diri pada pernyewaan bus wisata dan menyediakan paket wisata domestik khususnya Paket Tour Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Bali. Sebagai Tour and Travel Lokal layanan kami telah dipercaya dan dinikmati oleh beberapa klien. Mulai dari individu, keluarga, rombongan/group, komunitas, perusahaan swasta, Bank, BUMN, hingga instanasi negara. Selain itu kami juga melayani Paket Wisata Lombok, tour Bali, Tour Jogja, Bandung, Kalimantan, dan berbagai destinasi di Sumatra serta masih banyak lagi destinasi liburan bernilai lainnya

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan penawaran terbaik dan informasi lebih lengkap.

Hubungi Kami

Daftar 6 Kampus Islam Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Kampus Islam Terbaik di Indonesia – Quacquarelli Symonds telah merilis QS Asia University Ranking atau QS AUR 2023 pada Selasa (8/11/2022). Pada tahun ini pemeringkatan mencakup 760 kampus se-Asia.

Peking University yang berlokasi di Beijing menjadi perguruan tinggi terbaik di Asia versi QS AUR 2023. Sementara, ranking kedua dan ketiga secara berturut-turut ditempati oleh National University of Singapore (NUS), Singapura dan Tsinghua University, Beijing.

Pemeringkatan QS AUR 2023 menggunakan sebelas indikator, antara lain reputasi akademik dengan bobot 30 persen, reputasi employer berbobot 20 persen, jejaring riset internasional berbobot 10 persen, rasio fakultas/mahasiswa berbobot 10 persen, citation per paper berbobot 10 persen, staf dengan gelar PhD berbobot 5 persen, lalu papers per faculty berbobot 5 persen.

Baca Juga: 11 Universitas Terbaik di Kota Bekasi

Indikator lainnya adalah proporsi mahasiswa internasional dengan bobot 2,5 persen, proporsi fakultas internasional berbobot 2,5 persen, inbound exchange student berbobot 2,5 persen, dan outbound exchange student berbobot 2,5 persen.

Berdasarkan pemeringkatan QS AUR 2023, terdapat sejumlah perguruan tinggi berbasis keagamaan Islam yang masuk dalam jajaran universitas terbaik di Indonesia. Lantas, kampus mana saja yang dimaksud?

Kampus Islam Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

1. Universitas Islam Indonesia (UII)

  • Peringkat Asia: 501-550

2. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

  • Peringkat Asia: 501-550

3. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

  • Peringkat Asia: 551-600

4. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

  • Peringkat Asia: 651-700

5. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

  • Peringkat Asia: 651-700

6. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

  • Peringkat Asia: 701-750

QS AUR adalah peringkat tahunan yang diterbitkan sejak 2009. Metodologi yang digunakan serupa dengan peringkat QS World University Rankings, tetapi ada indikator tambahan dan bobot yang disesuaikan.

Sejumlah kampus di Indonesia yang masuk dalam ranking QS AUR 2023 tidak memiliki skor keseluruhan yang dicantumkan dalam laman pemeringkatan. Menurut penjelasan QS, skor keseluruhan itu sudah dihimpun, tetapi tidak untuk disampaikan kepada publik.

Nah, itulah beberapa kampus Islam terbaik di Indonesia versi QS AUR 2023. Ada kampus kalian, teman?

Daftar 10 Pondok Pesantren Terbaik di Indonesia

Pesantren Terbaik di Indonesia – Sebagai negeri dengan penduduk islam terbesar di dunia, tentu islam sudah mendarah daging dalam jiwa masyarakat. Tak terkceuali dalam bidang pendidikan. Para orang tua yang pemahaman islamnya kuat biasanya lebih condong memasukkan anaknya ke pondok pesantren dibandingkan sekolah negeri. Nah di artikel ini kami telah mengumpulkan lebih dari 10 pesantren terbaik di Indonesia? Penasaran kan apa saja? Simak ulasan kami berikut ini!

  • Pondok Pesantren Darussalam Gontor Ponorogo

Pesantren terbaik di Indonesia pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Darussalam Gontor. Tentu tidak diragukan lagi bahwasanya Gontor adalah salah satu pesantren terbaik yang ada di Indonesia. Pola pengajarannya menjadi rujukan bagi ratusan pesantren modern yang ada di Indonesia. Selain itu alumninya pun telah tersebar di berbagai benua dan banyak yang menjadi tokoh penting di Indonesia.

Gontor sendiri didirikan pada 20 September 1926 oleh tiga orang putra dari KH Santoso Anom Besari yang dikenal dengan trimurti Gontor yaitu K.H. Ahmad Sahal, K.H. Zainudin Fananie, dan K.H. Imam Zarkasyi.

Baca Juga: Daftar 20 SMA Terbaik di Bogor, Acuan untuk PPDB Jabar 2022

Sebagai muara dari pesantren modern yang ada di Indonesia, Gontor menerapkan konsep pendidikan perpaduan model pesantren klasik/salaf dengan kurikulum modern. Kurikulum modern ditampilkan melalui integralnya pendidikan agama dan pendidikan umum, antara tarbiyah dan ta’lim; sehingga menghasilkan ciri modern yaitu berpikir integral, berpikiran maju, tidak dikotomis, adil dan menghargai efisiensi waktu.

Mengenai jenjang pendidikannya, Gontor memakai Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI) dengan masa belajar 6 atau 4 tahun, setingkat Tsanawiyah dan Aliyah. Saat ini Gontor setidaknya memiliki sekitar 20 pesantren cabang dan 350 pesantren alumni Gontor yang tersebar di seantero Indonesia.

  • Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan

Berikutnya adalah Ponpes Sidogiri. Pesantren ini merupakan salah satu lembaga Islam tertua di Indonesia. Yang mana Sidogiri lebih mengedepankan pembekalan Teologi (akidah), Syari’ah dan Akhlakul Karimah berlandasakan Ahlussunnah wal Jama’ah baik secara Minhaju Al-Fikr dan Minhaju al-Ijtima’.

Sidogiri telah eksis mencetak kader-kader ulama sejak abad ke 17. Tak kurang nama-nama ulama’ besar seperti Syaikhona Cholil Bangkalan, Sang Guru para Kyai Tanah Jawa, adalah salah satu dari sekian banyak ulama handal jebolan Sidogiri.

Selama berdirinya, Pesantren Sidogiri hanya menggunakan sistem pengajian langsung kepada kiai atau slot gacor hari ini pengasuh. Baru pada masa kepengasuhan K.H. Abdul Djalil, sejak 15 April 1938/14 Safar 1357, Pesantren Sidogiri resmi menerapkan sistem pendidikan Ma’hadiyyah dan Madrasiyyah.

Kini Sidogiri masyhur sebagai pesantren salaf yang maju dalam pengajaran kitab kuning dengan membuat metode al-Miftah, metode yang dalam beberapa bulan santri junior pun insya Allah bisa membaca kitab kuning dengan cepat.

Pesantren ini juga terkenal dengan manajemen pesantrennya yang baik, serta ekonomi syariah yang berkembang pesat dengan koperasinya. Sidogiri juga memiliki ratusan madrasah ranting (filial) dan setiap tahun mengirim 500-700 guru tugas dan da’i ke berbagai tempat yang membutuhkan di seluruh Indonesia.

  • Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Selanjutnya adalah Ponpes Darunnajah. Darunnajah didirikan pada tanggal 1 April 1974 oleh (Alm) KH. Abdul Manaf Mukhayyar dan dua rekannya (Alm) KH. Qomaruzzaman dan KH. Mahrus Amin, dengan sistem kurikulum yang terpadu, pendidikan berasrama serta pengajaran bahasa Arab dan Inggris secara intensif.

Dengan didukung oleh lingkungan yang asri, Darunnajah berupaya untuk mencetak manusia yang muttafaqoh fiddin untuk menjadi kader pemimpin umat/bangsa, selalu mengupayakan terciptanya pendidikan santri yang memiliki jiwa keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, ukhuwah Islamiyah, kebebasan berfikir dan berperilaku atas dasar Al-Quran dan Sunnah Rasulullah SAW untuk meningkatkan taqwa kepada Allah SWT.

Mengenai kurikulumnya, Darunnajah menerapkan kurikulum Tarbiyatul Mu’allimin wal Mu’allimat al-islamiyah (TMI) selama 6 (enam) tahun yang setara dengan Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. Pada jenjang menengah atas, para santri dapat memilih jenjang pendidikan: Madrasah Aliyah (Program Studi IPS dan Keagamaan) dan Sekolah Menengah Atas (Program Studi IPA).

Seiring berjalannya waktu, Darunnajah dengan keikhlasan dan idealisme para pendirinya, lembaga ini terus berkembang, bahkan hingga saat ini memiliki Saat ini Darunnajah memiliki 17 Cabang dan 57 satuan Pendidikan yang tersebar di Sumatra, Tangerang, Bogor, Jakarta, dan Serang.

  • Pondok Pesantren Langitan Tuban

Berikutnya adalah Ponpes Langitan. Selanjutnya adalah Ponpes Langitan Tuban. Pesantren ini adalah salah satu lembaga pendidikan islam tertua di Indonesia. Berdirinya lembaga ini jauh sebelum Indonesia merdeka yaitu tepatnya pada tahun 1852.

Banyak tokoh-tokoh besar dan pengasuh pondok pesantren yang lahir dan besar di Pondok Pesantren Langitan ini, seperti KH.Kholil Bangkalan, KH. Hasyim Asy’ari, KH. Syamsul Arifin (ayah KH. As’ad Syamsul Arifin) dan lain-lain.

Selama kurun waktu yang cukup panjang hingga saat ini, Langitan telah menerapkan beberapa methode pendidikan dan pengajaran dalam sistem klasikal (madrasiyah) dan non klasikal (ma’hadiyah). Sistem pendidikan klasikal adalah sebuah model pengajaran yang bersifat formalistik. Orientasi pendidikan dan pengajarannya terumuskan secara teratur dan prosedural, baik meliputi masa, kurikulum, tingkatan dan kegiatan-kegiatannya.

Adapun pendidikan non klasikal dalam Pondok Pesantren Langitan ini menggunakan methode wethon atau bandongan dan sorogan. Methode wethon atau bandongan adalah sebuah model pengajian di mana seorang kiai atau ustadz membacakan dan menjabarkan isi kandungan kitab kuning sementara murid atau santri mendengarkan dan memberi ma’na.

  • Pondok Pesantren Tebuireng Jombang

Selanjutnya adalah Ponpes Tebuireng. Pesantren ini didirikan oleh salah satu Muassis Nahdlotul Ulama yaitu Hadhrotussyekh KH. Hasyim Asy’ari pada tahun 1899. Beliau mendirikannya setelah pulang https://www.ukirestaurant.com/ dari pengembaraan menuntut ilmu di berbagai lembaga pendidikan terkemuka dan di tanah Mekkah, untuk mengamalkan ilmu yang telah beliau peroleh.

Sistem pengajaran awal di pesantren ini adalah metode sorogan (santri membaca sendiri materi pelajaran kitab kuning di hadapan guru), serta metode weton atau bandongan (kyai membaca kitab dan santri memberi makna).

Semua bentuk pengajaran tersebut tidak dibedakan dalam jenjang kelas. Kenaikan tingkat pendidikan dinyatakan dengan bergantinya kitab yang khatam (selesai) dikaji santri. Materi pelajarannya pun khusus berkisar tentang pengetahuan agama Islam, ilmu syari’at dan bahasa Arab.

Kini pesantren ini memiliki beberapa unit pendidikan seperti Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), hingga Universitas Hasyim Asy’ari (UNHASY, kini IKAHA).

  • Pondok Pesantren Lirboyo Kediri

Berikutnya adalah Ponpes Lirboyo. Awal mula berdiri Pondok Pesantren Lirboyo berkaitan erat dengan kepindahan dan menetapnya KH Abdul Karim ke desa Lirboyo tahun 1910 M. Lirboyo sendiri adalah nama sebuah desa yang terletak di barat Sungai Brantas, di lembah gunung Willis, Kota Kediri.

Sebagai Pusat pendidikan Islam, Pesantren Lirboyo mencetak generasi bangsa yang cerdas ruhaniyah, juga smart-intelektual, mumpuni dalam keberagaman bidang, juga keberagamaan Islam yang otentik. Pesantren Lirboyo memadukan antara tradisi yang mampu mengisi kemodernitasan dan terbukti telah melahirkan banyak tokoh-tokoh yang saleh keagamaan, sekaligus saleh sosial.

Kemudian Lirboyo adalah pesantren dengan identitas khas Jawa Timur bernafaskan Nahdhatul Ulama dengan pendalaman pada kitab-kitab kuning sebagai pusat kajian santri melalui halaqah-halaqah bersama kyai. Istilahnya adalah sorogan dan bandongan.

Pola pembelajaran demikian mengakar kuat, sehingga dilaksanakan dalam kelas diniyah, atau jenjang yang sudah disusun di pesantren. Keunggulannya adalah keistiqamahan, karena tidak boleh absen lebih dari dua puluh kali. Kelebihan dan keunggulan pesantren ini juga terletak dalam aspek adab dan akhlaq, santri memiliki sopan santun yang kuat sebagai penuntut ilmu.

  • Pondok Pesantren Daar El Qolam Banten

Selanjutnya adalah Ponpes Daar El Qolam. Pesantren yang bercorak modern ini didirikan pada pada tanggal 20 Januari 1968. Pesantren ini adalah gagasan Haji Qasad Mansyur yang direalisasikan oleh Drs. K.H. Ahmad Rifai Arief. Setelah K.H. Ahmad Rifa’i Arief meninggal dunia pada tanggal 15 Juni 1997, pondok ini dilanjutkan oleh K.H. Drs. Ahmad Syahiduddin, K.H. Adrian Mafatihullah Karim dan Hj. Enah Huwaenah.

Istilah “Pesantren Modern” sendiri merujuk kepada pesantren yang tidak hanya memberikan pelajaran-pelajaran yang berbasis kitab-kitab klasik, tetapi lebih dari suatu tempat pendidikan yang memberikan pendidikan agama maupun pendidikan umum dengan pendekatan metode pendidikan yang juga modern.

Dalam catatan sejarahnya, proses pendidikan dan pengajaran di Daar el-Qolam diawali dengan 22 murid yang datang dari kalangan keluarga, karib kerabat serta masyarakat sekitar pesantren. Kini setelah lebih dari 50 tahun dalam perjalanannya, Daar el-Qolam telah menjadi sebuah lembaga pendidikan modern dengan format pesantren besar yang melibatkan lebih dari 370 orang guru dan lebih kurang 5000 santri yang berasal dari perbagai penjuru Indonesia.​ Selain

  • Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon

Berikutnya adalah Ponpes Babakan Ciwaringin. Sejatinya Babakan Ciwaringin bukanlah nama pesantren, melainkan sebuah kampung yang terletak di Kecamatan Ciwaringin, yang mana memiliki banyak pesantren di dalamnya. Tercatat ada lebih dari 40 pesantren yang tersebar di kawasan ini.

Secara umum, tujuan pendidikan di seluruh Pondok Pesantren yang ada di Babakan diarahkan pada upaya membentuk para santri dan pelajar yang memiliki kecerdasan dan menguasai ilmu agama dan umum serta ketrampilan tertentu. Nantinya setiap pesantren tersebut memiliki beberapa bidang spesialiasi. Misalnya ada pondok yang fokus pada Al-Qur’an, Hadits, Fiqih, dll.

Kemudian mengenai pendidikan yang terlaksana, kebanyakan masih menggunakan metode tradisional. Yang mana system pengajarannya menggunakan dua metode, bandongan dan sorogan. Selain itu terdapat juga jenjang pendidikan formal seperti MI, MTS, MA, dan Ma’had Aly yang terletak di kawasan Babakan Ciwaringin.

Adapun pesantren yang paling besar di kawasan ini adalah Pondok Pesantren As-Salafie, Pondok Pesantren Kebon Jambu, dan Pondok Pesantren As-Sanusi.

  • Pondok Pesantren Yanbaul Qur’an Kudus

Selanjutnya adalah Ponpes Yanbaul Qur’an. Berdiri pada tahun 1970, pesantren ini telah menjelma menjadi Pesantren Qur’an yang paling masyhur di Indonesia. Hal ini tak lepas dari peran pendirinya yaitu K.H. Arwani Amin Said. Beliau adalah seorang ulama besar yang sangat dikenal keilmuannya, terutama dalam bidang al-Qur’an dan Thariqah.

Kini Yanbaul Qur’an berada di bawah Yayasan Arwaniyah, yang mana Arwaniyah ini memiliki memiliki beberapa cabang, di antaranya adalah Mahad Ulumus Syariyyah Yanbuul Quran (MUSYQ), Pondok Tahfidz Yanbuul Quran (PTYQ) Remaja/Bejen, PTYQ Anak-anak/Krandon, PTYQ Menawan, hingga adanya cabang di luar kota dan di luar pulau Jawa.

Salah satu program yang ada di pesantren ini adalah pendidikan MTS dan MA. Yang mana target utama pembelajarannya adalah Menghafal 30 juz Al Quran, menguasai bahasa Arab sekaligus bahasa Inggris, serta menguasai ilmu sains. Adapun kurikulum yang digunakannya adalah Kurikulum Kementerian Agama, dengan bahasa keseharian menggunakan bahasa Arab dan Inggris.

  • Pondok Pesantren Raudlatul Hasanah Medan

Berikutnya adalah Ponpes Raudlatul Hasanah. Bisa dikatakan pesantren ini merupakan pesantren alumni Gontor terbesar yang ada di Sumatera. Di sebut pesantren alumni Gontor karena sang pendirinya merupakan alumni Gontor. Beliau adalah al-Ustadz Usman Husni. Kala itu pesantren ini diresmikan pada 18 Oktober 1982.

Mengenai kurikulumnya, pesantren ini menggunakan kurikulum Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI). KMI Ar-Raudlatul Hasanah adalah Sekolah Pendidikan Guru Islam yang model dan kurikulumnya diambil dari KMI Pondok Modern Darussalam Gontor, yang merupakan perpaduan antara Sekolah Normal Islam Padang Panjang dengan model pendidikan pondok pesantren di Jawa.

Para santri nantinya akan dididik selama full 24 jam untuk menjadi individu yang berkepribadian IQRA (‘Ilmy, Qur’any, Rabbany dan ‘Alamy) yang siap mengamalkannya di tengah-tengah masyarakat dengan ikhlas, cerdas dan beramal. Yang mana IQRA terbentuk dengan memadukan antara aspek pikir (‘ilmy ‘alamy) dan aspek zikir (qur’any rabbany) yang teraktualisasikan dalam intelegensia dan moralitas yang religius.

Nah itulah beberapa ulasan singkat mengenai pesantren terbaik di Indonesia. Adapun bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai pesantren terbaik di Indonesia yang ada di berbagai wilayah lainnya, bisa klik link yang telah kami sediakan di https://jasabuswisata.com/.

Daftar 20 SMA Terbaik di Bogor, Acuan untuk PPDB Jabar 2022

SMA Terbaik di Bogor – Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB Jabar 2022 telah dibuka, termasuk wilayah Bogor baik kota dan kabupaten. Bagi teman yang masih bingung pilihan SMA bisa simak artikel ini.

SMA berkualitas tentu saja jadi incaran setiap calon siswa. Hal ini karena SMA yang baik, bisa memudahkan siswa diterima di perguruan tinggi incarannya kelak.

Salah satu indikator SMA terbaik dapat dilihat dari skor Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) para siswanya yang mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Skor ini berisikan penilaian terhadap kemampuan peserta dalam bidang uji Tes Potensi Akademik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA) Saintek, Soshum, maupun Campuran.

Baca juga: Rekomendasi 10 SMA Terbaik di Jawa Timur menurut UTBK 2022

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sendiri sudah merilis 1000 sekolah terbaik berdasarkan skor UTBK 2021. Nah, teman bisa cek daftar 20 SMA terbaik di Bogor berdasarkan skor UTBK 2021 untuk PPDB Jabar 2022 di bawah ini.

20 SMA Terbaik di Bogor versi Skor UTBK 2021

1. SMAN 1 Bogor

Peringkat nasional: 45
Nilai total UTBK: 587.276

2. SMAS Regina Pacis

Peringkat nasional: 74
Nilai total UTBK: 578.595

3. SMA Kristen Penabur Kota Wisata

Peringkat nasional: 114
Nilai total UTBK: 570.712

4. SMAN 3 Bogor

Peringkat nasional: 132
Nilai total UTBK: 567.832

5. SMAN 2 Cibinong

Peringkat nasional: 153
Nilai total UTBK: 562.913

6. SMK-SMAK Bogor

Peringkat nasional: 169
Nilai total UTBK: 561.237

7. SMAN 5 Bogor

Peringkat nasional: 229
Nilai total UTBK: 554.033

8. SMAS Al Kahfi

Peringkat nasional: 232
Nilai total UTBK: 553.827

9. SMAN 2 Bogor

Peringkat nasional: 299
Nilai total UTBK: 547.212

10. SMAS IT Ummul Quro

Peringkat nasional: 302
Nilai total UTBK: 546.827

11. SMAN 1 Cileungsi

Peringkat nasional:309
Nilai total UTBK: 546,078

12. SMAS Bunda Hati Kudus

Peringkat nasional: 328
Nilai total UTBK: 544,573

13. SMA IT At Taufiq

Peringkat nasional: 360
Nilai total UTBK: 540,592

14. SMAN 1 Cibinong

Peringkat nasional: 369
Nilai total UTBK: 540,592

15. SMAS Dwi Warna

Peringkat nasional: 388
Nilai total UTBK: 539,322

16. SMAS Kesatuan

Peringkat nasional: 402
Nilai total UTBK: 537,731

17. SMAN 6 Bogor

Peringkat nasional: 415
Nilai total UTBK: 536,838

18. SMA IT Darul Quran

Peringkat nasional: 452
Nilai total UTBK: 543,403

19. SMAN 4 Bogor

Peringkat nasional: 460
Nilai total UTBK: 533,906

20. SMAN 9 Bogor

Peringkat nasional: 490
Nilai total UTBK: 531,991

Demikian 20 SMA terbaik di Bogor versi skor UTBK 2021. Jika sudah mendapat akun pendaftaran, peserta bisa langsung memilih SMA tujuan mulai 6 Juni 2022 dalam laman PPDB Jabar 2022 https://ppdb.disdik.jabarprov.go.id/. Selamat mendaftar!

11 Universitas Terbaik di Kota Bekasi

Universitas Terbaik di Kota Bekasi – Bekasi memang lokasinya terbilang cukup jauh dari pusat keramaian di ibu kota Jakarta. Namun bukan berarti pilihan tempat menuntut ilmunya jadi terbatas. Buktinya, di kota tersebut ada banyak universitas di Bekasi yang gedungnya berdiri kokoh sejak belasan tahun lalu yang dengan sigap dan siap memberikan ilmu kepada anak didiknya.

Faktanya, memang masih belum ada universitas negeri yang memulai kegiatan belajar mengajarnya di Bekasi. Namun, kampus swasta yang ada sudah mendapatkan akreditasi sangat baik slot server thailand gacor dan siap mencetak lulusan yang kreatif, kompeten, dan siap bersaing di dunia kerja dengan lulusan kampus bergengsi lainnya.

1. Bina Nusantara

Kampus yang familiar dengan sebutan Binus ini juga memiliki kampus yang berada di Summarecon, Bekasi. Kampus Bekasi yang resmi beroperasi pada 2016 ini sudah mengantongi akreditasi A dan lokasinya sangat strategis. Suasana yang modern membuat mahasiswanya bisa mendapatkan fasilitas mumpuni dan berkualitas. Digital campus ini memiliki banyak pilihan jurusan dan fakultas dari berbagai bidang ilmu.

Baca Juga: Daftar 5 Universitas Terbaik di Palembang, Sumatera Selatan

2. LSPR Communication and Business Institute 

Institut yang fokus pada ilmu komunikasi dan bisnis ini dulunya memiliki nama London School of Public Relation. Universitas di Bekasi swasta ini sudah memiliki standar internasional yang diakui. Kamu bisa mendalami ilmu desain komunikasi visual, pariwisata, manajemen, hingga komunikasi.

3. Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Kampus 2 dari Universitas Bhayangkara Jakarta Raya ternyata letaknya ada di Bekasi Utara. Universitas di Bekasi ini sudah membuktikan kualitas dan kompetensinya bila dibandingkan dengan kampus swasta lainnya. Gedungnya yang luas dan nyaman bakal mendukung proses belajar mengajar yang dilakukan setiap harinya.

4. Universitas Esa Unggul

Bila tempat tinggalmu di daerah Medan Satria, tak perlu jauh-jauh untuk memilih kampus. Ada Universitas Esa Unggul yang bisa dijadikan sebagai pusat belajar di bangku perguruan tinggi. Ada beberapa fakultas yang jurusannya bisa dipilih sesuai dengan bakal dan keahlian yang ingin diasah di masa depan. Mulai dari eksak hingga seni, tersedia semua.

5. Universitas Gunadarma

Di bilangan Kalimalang, ada salah satu universitas di Bekasi yang sudah diakui memiliki kualitas yang sangat baik. Adalah Universitas Gunadarma yang berlokasi di Jalan K. H. Noer Ali. di Bekasi, terdapat kampus J1, J2, dan J3 yang siap menyambut anak didik berprestasi di setiap tahun ajaran baru.

6. Universitas Islam 45 Bekasi

Bila merasa lebih nyaman untuk melanjutkan pendidikan di sekolah Islam, kamu bisa mencoba untuk mendaftar di Universitas Islam 45 Bekasi. Di kampus yang berlokasi di Jalan Cut Mutia Raya ini, kamu bisa memilih satu jurusan dan program studi dari banyak pilihan baccarat online casino dari beberapa fakultas terakreditasi sangat baik. Swastanya sudah terbukti berkualitas.

7. Universitas Islam As Syafiiyah

Selain Universitas Islam 45 Bekasi, ada juga Universitas Islam As Safiiyah yang bisa dijadikan sebagai tempat mengenyam pendidikan di institusi yang berbasis Islam. Perguruan tinggi yang letak kampusnya ada di Pondokgede ini memiliki beberapa fakultas yang bisa dipilih. Mulai dari agama Islam, keguruan, sains dan teknologi, ekonomi, hukum, hingga kesehatan.

8. Universitas Krisnadwipayana

Tertarik untuk melanjutkan pendidikan di bidang ekonomi, teknik, hukum, dan administrasi, ada Universitas Krisnadwipayana yang bisa dijadikan sebagai pilihan utama. Kampus yang berlokasi di Pondokgede ini menduduki posisi peringkat yang cukup tinggi dan menjadi favorit para tentara yang melanjutkan jenjang pendidikan.

9. Universitas Mercubuana

Sebagai salah satu kampus yang memiliki reputasi baik, Mercubuana juga menjadi universitas di Bekasi yang memiliki banyak peminat. Bagi yang tinggal di Bekasi dan enggan untuk commute ke wilayah Jabodetabek lainnya, kamu bisa memilih kampus Bekasi sebagai tempatmu mengenyam ilmu yang sesuai dengan fakultas dan jurusan.

10. Universitas Muhammadiyah Bekasi

Di Bekasi Timur juga terdapat salah satu universitas yang masuk dalam Yayasan Muhammadiyah di tanah air. Di kampus yang masuk dalam universitas di Bekasi ini siap menjadi wadah untuk mengembangkan potensi dan bakat mahasiswanya dengan berbagai fakultas yang ada. Mulai dari hukum, ekonomi, agama islam, hingga FISIP.

11. Universitas Satya Negara Indonesia

Berminat untuk melanjutkan pendidikan di bangku perguruan tinggi sembari terjung langsung ke praktik dunia kerja? Universitas Satya Negara Indonesia bisa menjadi pilihan kampus yang tepat. Kampus B yang berlokasi di Tambun ini menyediakan fakultas di ranah teknik, ekonomi, perikanan dan keluatan, dan sosial serta politik.

Daftar 5 Universitas Terbaik di Palembang, Sumatera Selatan

Universitas Terbaik di Palembang – Apakah kalian masih bingung menentukan pilihan universitas terbaik di Palembang? Jika iya, kamu bisa menggunakan informasi berikut untuk rencana kuliah di Palembang, Sumatera Selatan. Palembang adalah kota terbesar nomor dua di pulau Sumatera. Ada beberapa perguruan tinggi berkualitas tersebar di kota tersebut untuk kamu pertimbangkan atau bisa anda cek di jasabuswisata.com.

Jika dilihat dari jumlah dosen tetap, akreditasi, juga jumlah program studi, maka berikut adalah pilihan terbaik universitas negeri dan swasta di Palembang:

1. Universitas Sriwijaya

Sebagai lembaga perguruan tinggi negeri atau PTN, Universitas Sriwijaya merupakan pilihan top nomor 1 di Palembang. Lembaga perguruan tinggi ini sudah berakreditasi A dengan jumlah dosen tetap mencapai 1.357.

Kamu bisa mendaftar di Universitas Sriwijaya yang berada di Jalan Raya Palembang Prabumulih KM 32. Sampai saat ini terdapat hingga 30.547 mahasiswa belajar di di Universitas Sriwijaya. Menurut webometrics, Universitas Sriwijaya berhasil menduduki ranking 3124 dunia.

2. Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Pilihan berikutnya tentang universitas terbaik di Palembang adalah UIN Raden Fatah Palembang. Perguruan tinggi negeri di Sumatera Selatan tersebut berhasil memperoleh akreditasi B. Terdapat hingga 525 dosen tetap. Sedangkan untuk jumlah mahasiswanya pada tahun 2019-2020 mencapai hingga 23.384 pelajar.

Mendaftar kuliah di UIN Raden Fatah Palembang artinya kamu harus membayar biaya kuliah yang dibagi dalam lima kelompok. Menurut webometrics, UIN Raden Fatah berada pada urutan ke 5635 peringkat dunia.

3. Universitas Muhammadiyah Palembang

Berbeda dengan perguruan tinggi negeri sebelumnya, kali ini ada salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Palembang yaitu Universitas Muhammadiyah Palembang, Sumatera Selatan. Kampusnya sudah berhasil memperoleh akreditasi B Tepatnya di Jalan Jenderal Ahmad Yani Nomor 13.

Pada tahun 2019-2020, Universitas Muhammadiyah Palembang berhasil menyediakan tenaga pendidik profesional sejumlah 411 dosen tetap. Sedangkan untuk jumlah mahasiswanya mencapai hingga 11.330 pelajar.

Menurut webometrics, ranking Universitas Muhammadiyah Palembang berada pada urutan 12.127 dunia. Lembaga perguruan tinggi ini juga pernah berhasil menyabet juara 1 perancangan Street furniture 2018.

Baca Juga: Mengenal Jurusan Teknik Lingkungan: Kuliahnya, Kampusnya, Hingga Prospeknya

4. Universitas PGRI Palembang

Kamu juga bisa mempertimbangkan Universitas PGRI Palembang sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Sumatera Selatan. Kampusnya sudah terakreditasi B total hingga 347 dosen tetap pada tahun 2019/2020.

Universitas PGRI Palembang juga menjadi rumah bagi para mahasiswa dengan total hingga 10.767 pelajar. Untuk menuju ke lokasi, kamu bisa langsung menuju ke Jenderal Ahmad Yani lorong gotong royong nomor 910.

5. Universitas Bina Darma

Pilihan terakhir yaitu Bina Darma yang merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Palembang, Sumatera Selatan. Lembaga perguruan tinggi tersebut berada di Jalan Jenderal Ahmad Yani Nomor 12 Plaju dan telah berhasil memperoleh akreditasi B.

Universitas Bina Darma mempunyai hingga 233 dosen tetap. Sementara itu, pada tahun 2019/2020, terdapat hingga 7331 mahasiswa belajar di lembaga perguruan tinggi tersebut.

Itulah informasi lengkap tentang apa saja daftar universitas terbaik di Palembang, Sumatera Selatan untuk informasi perkuliahan. Dengan Informasi ini, maka kamu akan lebih mudah merencanakan pendidikan tingkat tinggi di Palembang.

Rekomendasi 10 SMA Terbaik di Jawa Timur menurut UTBK 2022

SMA Terbaik di Jawa Timur – Sekolah Menengah Atas (SMA) St. Louis 1 Kota Surabaya menjadi SMA terbaik di Jawa Timur menurut hasil Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK).

SMA swasta asal kota Surabaya ini berhasil menduduki peringkat pertama di Jawa Timur dengan meraih rerata nilai 641,48 dalam UTBK 2022 yang diselenggarakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

SMA St. Louis juga menjadi satu-satunya wakil dari Jawa Timur yang masuk ke daftar 10 SMA terbaik se-Indonesia, tepatnya peringkat dua nasional setelah MAN Cendikia Insani Serpong.

SMA terbaik di Jawa Timur berikutnya adalah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang dengan nilai UTBK 617,61. Diikuti MAN Insan Cendikia Pasuruan dengan rata-rata nilai UTBK 600,2, serta SMA Negeri 5 Surabaya dengan nilai 595,63.

Baca Juga: Daftar 8 SMK Terbaik di Jakarta Versi LTMPT, Sekolah Kamu Termasuk?

Daftar 10 SMA terbaik di Jawa Timur Menurut UTBK

Berikut ini daftar lengkap rekomendasi 10 SMA terbaik di Jawa Timur berdasarkan nilai UTBK 2022:

  1. SMA Katolik St. Louis 1 Kota Surabaya: 641,48

  2. MAN 2 Kota Malang: 617,61

  3. MAN Insan Cendekia Pasuruan: 600,52

  4. SMAN 5 Surabaya: 595,63

  5. SMAK Kolese St. Yusup: 589,50

  6. SMAN 1 Kota Malang: 579,58

  7. SMAN 2 Jombang: 576,12

  8. SMAS Santa Maria Kota Surabaya: 572,75

  9. SMAN 2 Kediri: 572,51

  10. SMA Trensains Tebuireng Kab Jombang: 570,58

Itulah daftar rekomendasi SMA terbaik di Jawa Timur menurut nilai UTBK 2022, apakah anda tertarik untuk masuk kesalah satu sekolah terbaik tersebut?

Daftar 8 SMK Terbaik di Jakarta Versi LTMPT, Sekolah Kamu Termasuk?

SMK Terbaik di Jakarta – Berdasarkan data dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) ada 1.000 sekolah terbaik di Indonesia yang masuk pemeringkatan. Terdapat di dalamnya 8 SMK terbaik di Jakarta.

LTMPT belum lama ini merilis rangking untuk 1.000 sekolah terbaik di Indonesia yang diperingkatkan berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2022. Rangking ini diberikan untuk sekolah dengan jenjang SMA, SMK dan MA.

Untuk jenjang SMK di Jakarta, ada 8 sekolah yang masuk dalam 1.000 sekolah terbaik di Indonesia.

Dilansir dari situs resminya, LTMPT adalah lembaga penyelenggara seleksi Perguruan Tinggi melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN. Dijelaskan pada 2022 ini, LTMPT menyelenggarakan UTBK yang diikuti sebanyak 23.657 sekolah. Sedangkan peserta yang ikut UTBK 2022 ada 745.115 orang.

Baca Juga: 10 SMA Terbaik di DKI Jakarta Berdasarkan Nilai UTBK untuk PPDB 2022

Mekanisme penilaian dalam Top 1.000 sekolah 2022 yang dilakukan LTMPT adalah:

1. Menghitung rerata dari nilai TPS dan TKA peserta pada setiap sekolah. Apabila peserta mengikuti ujian Campuran, maka TKA diambil dari nilai tertinggi.
2. Sekolah diurutkan berdasarkan Nilai Total tertinggi hingga terendah
3. Diambil 1.000 sekolah dengan Nilai Total Tertinggi.

SMK Terbaik di Jakarta Versi LTMPT

Berikut daftar SMK terbaik di Jakarta berdasarkan nilai UTBK 2022:

1. SMKN 26 Jakarta Timur

SMKN 26 menempati urutan 532
Nilai total rerata UTBK: 530,234

2. SMKN 48 Jakarta Timur

SMKN 48 menempati urutan 640
Nilai total rerata UTBK: 527,121

3. SMKN 20 Jakarta Selatan

SMKN 20 menempati urutan 782
Nilai total rerata UTBK: 520,215

4. SMK Negeri 41 Jakarta Selatan

SMKN 41 menempati urutan 839
Nilai total rerata UTBK: 518,085

5. SMKN 62 Jakarta Selatan

SMKN 62 menempati urutan 872
Nilai total rerata UTBK: 516,939

6. SMKN 10 Jakarta Timur

SMKN 10 berada di urutan 922
Nilai total rerata UTBK: 515,454

7. SMKN 8 Jakarta Selatan

SMKN 8 berada di urutan 926
Nilai total rerata UTBK: 515,248

8. SMKN 51 Jakarta Timur

SMKN 51 berada di urutan 983
Nilai total rerata UTBK: 513,375

Dari 1.000 sekolah terbaik ini, yang menempati urutan pertama adalah MAN Insan Cendekia Serpong dengan nilai UTBK: 666,494.

Demikian daftar 8 SMK terbaik di Jakarta versi LTMPT. Apakah ada sekolahmu?

Mengenal Jurusan Teknik Lingkungan: Kuliahnya, Kampusnya, Hingga Prospeknya

Ingin mendapatkan pekerjaan dengan gaji besar dan persaingannya rendah? Coba deh, kuliah di Teknik Lingkungan. Prospek kerjanya luas dan gaji tinggi, lho! Jurusan teknik itu nggak melulu Teknik Sipil atau Teknik Elektro, tapi ada juga Jurusan Teknik Lingkungan! Udah kenal ama jurusan ini, Sobat? Apa itu Teknik Lingkungan? Apa yang dipelajari di Teknik Lingkungan? Di mana kuliahnya? Bagaimana pula peluang kerjanya? Yuk, simak!

Apa Itu Teknik Lingkungan?

Teknik Lingkungan adalah bidang ilmu tentang pengelolaan lingkungan yang sehat, konservasi sumber daya air, pengendalian pencemaran akibat limbah, dan berbagai permasalahan lingkungan yang lain beserta solusinya. Pada dasarnya, Teknik Lingkungan adalah ilmu tentang teknik pengolahan air, limbah, dan berbagai hal lain yang terkait dengan lingkungan.

Kuliah di Jurusan Teknik Lingkungan akan membekalimu dengan ilmu teknik. Untuk menyelesaikan berbagai masalah lingkungan, seperti yang telah disebutkan di atas, kita memanfaatkan teknologi guna mempermudah pekerjaan dan mangurangi human error.

Apa yang Dipelajari di Jurusan Teknik Lingkungan?

Kalau begitu, apa yang dipelajari di Teknik Lingkungan? Ilmu Teknik Lingkungan sendiri cukup dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Mengurangi penggunaan plastik dalam keseharian kita, misalnya, adalah salah satu kontribusi praktis dalam mengendalikan pencemaran lingkungan.

Namun di Jurusan Teknik Lingkungan, kita belajar tentang berbagai permasalahan lingkungan dan solusinya yang lebih kompleks. Beberapa mata kuliah yang akan Sobat pelajari di Jurusan Teknik Lingkungan adalah Mekanika Fluida, Kesehatan Lingkungan, Hidrologi dan Hidrogeologi, Epidemiologi Lingkungan, Pengelolaan Persampahan, Pencemaran Udara, Sewerage & Drainase Berkelanjutan, Rekayasa Lingkungan, Infrastruktur dan Sanitasi, Pengelolaan Limbah Industri, dan masih banyak lagi.

Selain ilmu tentang Teknik Lingkungan, mahasiswa Jurusan Teknik Liingkungan juga dapat mengembangkan skills penting selama kuliah. Beberapa diantaranya yaitu keterampilan eksperimen, desain, penelitian, menulis, analisis, aplikasi Matematika, aplikasi rekayasa, aplikasi sains, teamwork, maupun problem solving.

Di Mana Kuliah Teknik Lingkungan?

Permasalahan lingkungan saat ini sangat kompleks. Kebutuhan akan ahli-ahli lingkungan, seperti konsultan lingkungan, pun terus meningkat. Demi memenuhi kebutuhan ini, berbagai universitas negeri dan swasta membuka Jurusan Teknik Lingkungan.

Di mana sajakah universitas yang ada Jurusan Teknik Lingkungan? Let’s list them all, Sobat Pintar. Universitas negeri dengan Jurusan Teknik Lingkungan terakreditasi A antara lain Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Mulawarman, Universitas Diponegoro, Universitas Hasanuddin, UPN Veteran Jawa Timur, Universitas Brawijaya, dan Universitas Indonesia.

Bagaimana dengan universitas swasta? Adakah universitas yang ada Jurusan Teknik Lingkungan? Tentu saja, Sobat! Jurusan Teknik Lingkungan dengan akreditasi A di universitas swasta terdapat di Universitas Pasundan, Universitas Trisakti, dan Institut Teknologi Nasional Bandung.

Baca Juga: Daftar 15 Kampus Terbaik di Jawa Tengah Versi UniRank 2022

Bagaimana Prospek Kerja Teknik Lingkungan?

As it’s mentioned earlier, kebutuhan akan ahli lingkungan saat ini semakin meningkat. Di pemerintahan, peluang kerja Teknik Lingkungan antara lain di Kementerian Perindustrian, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian PUPR, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian ESDM, dan lain-lain.

Di sektor swasta, prospek Teknik Lingkungan justru lebih luas lagi, Sobat. Bidang pertambangan, petrokimia, hingga perkebunan membutuhkan alumni Jurusan Teknik Lingkungan. Beberapa perusahaan yang menjadi idola setelah mahasiswa Teknik Lingkungan lulus kuliah antara lain PT Unilever, Chevron, Total, dan lain sebagainya.

Baik di pemerintahan maupun sektor swasta, prospek kerja Teknik Lingkungan dikenal membawa pundi penghasilan yang tak sedikit. Gaji Teknik Lingkungan diketahui berkisar antara Rp3 jutaan sampai Rp16 jutaan per bulan. Tentunya, pengalaman kerja dan jabatan pekerjaan turut mempengaruhi seberapa besar gaji Teknik Lingkungan yang dibawa pulang.

Tapi apa tepatnya profesi-profesi yang dijalani oleh para alumni Jurusan Teknik Lingkungan? Tiga profesi di bawah ini merupakan peluang kerja Teknik Lingkungan yang cukup populer.

1. Aparatur Sipil Negara

Telah disebutkan sebelumnya beberapa kementerian yang membutuhkan Sarjana dari Jurusan Teknik Lingkungan. Pernah memimpikan bekerja di Kementerian sebagai ASN, Sobat Pintar?

2. Konsultan Lingkungan

Seorang konsultan lingkungan banyak melakukan penelitian. Adalah tugas konsultan lingkungan untuk mengidentifikasi kontaminasi di darat, air, maupun udara. Profesi konsultan lingkungan dibutuhkan di lembaga pemerintah dan perusahaan swasta.

3. Entrepreneur

Skills yang kita pelajari selama kuliah di Jurusan Teknik Lingkungan dapat mengantarkan kita menjadi seorang entrepreneur atau pengusaha. Meskipun tak ada batasan ruang lingkup entrepreneurship-nya, bidang-bidang yang terkait dengan lingkungan, seperti pengolahan limbah ataupun perpipaan, bisa menjadi langkah awal.

Tentu saja, prospek Teknik Lingkungan tidak terbatas pada ketiga profesi di atas. Perusahaan-perusahaan besar, seperti Krakatau Steel, Aneka Tambang, ataupun Pertamina, membutuhkan ahli-ahli lingkungan yang memahami betul tentang permasalahan dan peraturan yang terkait dengan lingkungan.

Di sinikah minatmu, Sobat? Bila perlu, gunakan Tes Kepribadianuntuk mengetahui kemampuan terbaikmu. Dengan mengenali diri sendiri, menjadi entrepreneur atau pegawai akan menjadi pilihan yang sama baiknya.

10 SMA Terbaik di DKI Jakarta Berdasarkan Nilai UTBK untuk PPDB 2022

Jasabuswisata.com – Berencana masuk sekolah mana, teman? Jelang Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB 2022 Mei ini, kamu bisa melihat kembali daftar SMA terbaik di Jakarta yang masuk Top 1000 Sekolah tahun 2021 berdasarkan nilai UTBK sebagai pertimbangan.

Daftar Top 1000 Sekolah Tahun 2021 berdasarkan nilai UTBK merupakan data Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT yang mengurutkan peringkat SMA, MA,SMK, dan PKBM berdasarkan rata-rata nilai UTBK.

Ketua LTMPT 2021 Prof. Nasih mengatakan, perhitungan nilai UTBK 2021 yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) sebesar 60% dan Tes Potensi Akademik (TPA) sebesar 40%. Sementara itu, nilai UTBK 2020 dihitung dari kriteria Situs Judi Bola tahun 2020.

Ia menekankan, sekolah yang masuk dalam pengukuran Top 1000 sekolah 2021 dari LTMPT adalah sekolah dengan jumlah peserta UTBK 2021 lebih dari 40 siswa. Dari 23.110 sekolah yang memiliki siswa peserta UTBK, hanya 4.432 sekolah yang memenuhi kriteria tersebut.

Baca Juga: Daftar 15 Kampus Terbaik di Jawa Tengah Versi UniRank 2022

“Artinya jumlah peserta menjadi ukuran. Mungkin dalam kaitan ini ada sekolah-sekolah yang kurang dari 40 nilainya bagus-bagus mungkin juga ada, tetapi tidak masuk,” terangnya pada perilisan data slot server kamboja no 1 tahun lalu, Jumat (28/5/2021).

Berikut 50 SMA dengan rata-rata UTBK tertinggi 2021 di DKI Jakarta:

50 SMA Terbaik di Jakarta

1. SMAN Unggulan M.H. Thamrin, Jakarta Timur

Peringkat nasional: 2

Nilai rata-rata UTBK: 635,675

2. SMAN 8 Jakarta, Jakarta Selatan

Peringkat nasional: 3

Nilai rata-rata UTBK: 630,860

3. SMAS 1 BPK Penabur, Jakarta Barat

Peringkat nasional:6

Nilai rata-rata UTBK:617,214

4. SMAN 28 Jakarta, Jakarta Selatan

Peringkat nasional: 9

Nilai rata-rata UTBK: 611,727

5. SMAN 81 Jakarta, Jakarta Timur

Peringkat nasional: 11

Nilai rata-rata UTBK: 607,402

6. SMA Labschool Kebayoran

Peringkat nasional: 12

Nilai rata-rata UTBK: 607,014

7. SMAS Kristen 5 BPK Penabur, Jakarta Utara

Peringkat nasional: 14

Nilai rata-rata UTBK: 604,204

8. SMAS Kanisius Jakarta, Jakarta Pusat

Peringkat nasional: 16

Nilai rata-rata UTBK: 603,144

9. SMAN 34 Jakarta, Jakarta Selatan

Peringkat nasional: 19

Nilai rata-rata UTBK: 601,490

10. SMAS Kristen 3 Penabur Jakarta, Jakarta Pusat

Peringkat nasional: 20

Nilai rata-rata UTBK: 600,743

Nah, itu dia 10 SMA terbaik di Jakarta tahun 2021 dari LTMPT berdasarkan nilai UTBK. Ada sekolah incaran link slot gacor kamu untuk PPDB 2022, teman?

Daftar 15 Kampus Terbaik di Jawa Tengah Versi UniRank 2022

Kampus Terbaik di Jawa Tengah – Universitas Sebelas Maret (UNS) hingga Universitas Negeri Semarang (Unnes) masuk dalam daftar kampus terbaik di Jawa Tengah versi lembaga pemeringkatan 4 International College and Universities (4ICU) UniRank.

Dalam pemeringkatan UniRank 2022 secara keseluruhan, ada 582 perguruan tinggi di Indonesia yang memenuhi kriteria. Baik perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS).

Dari hasil penilaian, sederet perguruan tinggi yang ada di wilayah Jawa Tengah berhasil menempati posisi terbaik. Ada kampus mana saja? Berikut ini daftarnya dikutip dari www.4icu.org/id.

15 Kampus Terbaik di Jawa Tengah Versi UniRank 2022:

1. Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta

Peringkat nasional: 8

2. Universitas Diponegoro (Undip)

Peringkat nasional: 9

3. Universitas Negeri Semarang (Unnes)

Peringkat nasional: 14

4. Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)

Peringkat nasional: 18

5. Universitas Dian Nuswantoro (Udinus)

Peringkat nasional: 31

6. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Peringkat nasional: 43

7. Universitas Katolik Soegijapranata

Peringkat nasional: 63

8. Universitas Kristen Satya Wacana

Peringkat nasional: 65

9. Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP)

Peringkat nasional: 74

10. Universitas Muhammadiyah Semarang

Peringkat nasional: 90

11. Universitas Islam Sultan Agung

Peringkat nasional: 100

12. Universitas Islam Negeri Walisongo

Peringkat nasional: 117

13. Institut Seni Indonesia Surakarta

Peringkat nasional: 120

14. Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Peringkat nasional: 122

15. Universitas Semarang

Peringkat nasional: 135

Exit mobile version